Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

2019, Tak akan Ada Lagi Pemadaman Bergilir

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pada 2019 elektrifikasi rasio listrik sudah mencapai 99 persen

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
zoom-in 2019, Tak akan Ada Lagi Pemadaman Bergilir
Tribun Pontianak/Leo Prima
Pedagang pecel lele di Jalan Sei Raya Dalam, Pontianak, terpaksa menerangi gerobaknya dengan pencahayaan lilin karena pemadaman bergilir yang dilakukan PLN, akibat kurangnya daya pasok listrik, Selasa (1/10/2013). Mulai kemarin, PLN menaikkan tarif dasar listrik (TDL). Ini adalah keempat kalinya PLN menaikkan TDL dalam tahun 2013. Tribun Pontianak/Leo Prima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pada 2019 elektrifikasi rasio listrik sudah mencapai 99 persen. Artinya dengan elektrifikasi sebesar itu, negara tidak akan mengalami pemadaman bergilir lagi.

"Kalau bisa pada 2019, elektrifikasi 99 persen bisa tercapai, tidak hanya jaringan tentu penyiapan pembangkitnya juga perlu," ujar Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM, Jarman, Rabu (22/10/2014).

Hingga saat ini, hal yang menjadi masalah utama dalam kelistrikan adalah distribusi. Pasalnya wilayah terpencil di dalam negeri masih banyak dan kekurangan listrik. "Masalah yang selama ini adalah bagaimana menyediakan pembangkit yang terpencil," jelas Jarman.

Salah satu hal yang dilakukan pemerintah saat ini menerbitkan Permen ESDM nomor 27 tahun 2014. Dalam peraturan tersebut mengungkapkan adanya insentif dari pembelian listrik untuk pembangkit biomasa dan biogas.

"Ini upaya pemerintah mencapai target elektrifikasi listrik pada 2019," papar Jarman.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas