Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bank Mutiara Incar Rp 300 Miliar dari Penerbitan Saham Baru

Bank Mutiara akan menerbitkan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bank Mutiara Incar Rp 300 Miliar dari Penerbitan Saham Baru
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Bank Mutiara akan menerbitkan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (non HMETD/private placement). Jumlah saham yang dilepas eks Bank Century ini sebanyak 30 triliun lembar.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/12/2014), saham-saham yang akan dikeluarkan dalam kerangka pelaksanaan Rencana Transaksi adalah Pemegang Saham Pengendali (PSP) Bank Mutiara, J Trust Co.Ltd.

Adapun harga pelaksanaan non HMETD Bank Mutiara sebesar Rp 0,01 per saham. Menurut manajemen Bank Mutiara, dana yang diterima dari hasil Penambahan Modal Tanpa HMETD ini sebesar Rp 300 miliar, dan seluruh dana tersebut akan ditempatkan pada kas dan setara kas.

Selain itu, dana tersebut juga akan memperkuat struktur permodalan Bank Mutiara guna pengembangan usaha. Dilusi yang akan dialami oleh pemegang saham relatif sangat kecil setelah disetujuinya dan efektifnya rencana transaksi ini. Setelah Penambahan Modal Tanpa HMETD, maka Pemegang Saham lainnya akan terdilusi sebesar 0,036%.

Saat ini, selain J Trust, pemegang saham Bank Mutiara adalah Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan publik yang masing-masing menggenggam jumlah saham 0,996% dan 0,004%. Setelah pelaksanaan non HMETD, maka jumlah saham yang dimiliki LPS dan publik menjadi 0,961% dan 0,003%.

Bank Mutiara sendiri akan segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk membahas penerbitan saham non HMETD ini pada 30 Desember 2014 mendatang.

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas