Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Tetap Berencana Terapkan Subsidi Tahun Depan

"Ini kami sudah tetapkan subsidi tetap. Berapanya nanti kami komsultasikan ke bapak Presiden," tutur Bambang.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Rendy Sadikin
zoom-in Pemerintah Tetap Berencana Terapkan Subsidi Tahun Depan
TRIBUN/DANY PERMANA
Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro usai mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Kamis (13/11/2014). Bambang menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK sebagai kewajibannya terkait jabatannya sebagai menteri. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan pemerintah akan menerapkan subsidi tetap atau fixed Subsidy tahun depan.

"Kami sudah sepakat untuk terapkan subsidi tetap yang akan dikeluarkan pada Januari 2015 mendatang," ujar Bambang di sela acara Musrenbang Nasional yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Bambang menjelaskan, rencana tersebut telah digodok oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian terkait, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta para pemangku kepentingan.

Namun, Bambang mengatakan sampai saat ini pemerintah belum menetapkan subsidi tetap tersebut. Pasalnya pihaknya harus melakukan konsultasi dengan Presiden Joko Widodo.

"Ini kami sudah tetapkan subsidi tetap. Berapanya nanti kami komsultasikan ke bapak Presiden," tutur Bambang.

Selain itu, Bambang mengungkapkan pemerintah perlu juga mengamati nilai tukar serta penurunan harga minyak dunia untuk menetapkan berapa besaran subsidi tetap itu.

"Kami harus terus mengamati dua hal yaitu, yaitu kurs dan harga minyak. Kami sedang kaji penerapan besarannya berapa," tutur Bambang.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas