Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Nusantara Infrastructure Gandeng Jepang Garap Tol BSD

Perusahaan akan terus berusaha menjalin aliansi dengan partner-partner global

Penulis: Hendra Gunawan
zoom-in Nusantara Infrastructure Gandeng Jepang Garap Tol BSD
Istimewa
Dari kiri ke kanan (Direktur Nusantara Infrastructure Danni Hasan, Presiden Direktur Nusantara Infrastructure M. Ramdhani Basri, Yoshinari Ishizuka-President Representative Executive Director W-Nexco, Koji Kuroda-President Jexway) melakukan penandatanganan Sales and Purchase of Shares Agreement (SPA) pada pertengahan November lalu di Osaka 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), salah satu perusahaan investor dan operator infrastruktur swasta terintegrasi, kembali mendapat kepercayaan dari investor global untuk mengembangkan bisnis jalan tol bersama Japan Expressway International Co.,Ltd (JEXWAY) dan West Nippon Expressway Co.,Ltd (W-NEXCO) yang merupakan operator tol terbesar di Jepang.

JEXWAY sendiri memiliki spesialisasi bisnis jalan tol internasional, yaitu di bidang penyediaan teknologi, operasional dan pemeliharaan jalan tol Asset Management, JEXWAY merupakan anak usaha dari W-NEXCO yang merupakan BUMN tol asal Jepang yang mengoperasikan 3.290 km jalan tol.

Perusahaan yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh pemerintah Jepang dan telah berdiri sejak tahun 1956 ini dikenal handal dalam mengembangkan jalan raya di Jepang. Selama lebih dari 50 tahun, Group W-NEXCO telah mengoperasikan sejumlah tol sepanjang lebih dari 9.000 km di Jepang.

General Manager Corporate Affairs Nusantara Infrastructure Deden Rochmawati mengatakan, kerjasama dengan investor Jepang tersebut sebagai bagian dari komitmen Nusantara Infrastructure untuk memberikan kontribusi maksimal bagi shareholder dan seluruh stakeholder.

Perusahaan akan terus berusaha menjalin aliansi dengan partner-partner global. Kerjasama dengan JEXWAY dan W-NEXCO, tentunya akan memberi ruang lebih besar kepada Nusantara Infrastructure untuk berpartisipasi dalam berbagai proyek infrastruktur di Indonesia yang dinilai potensial dimasa yang akan datang.

 “Kami bersyukur bahwa investor global memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kami. Hingga saat ini Nusantara Infrastructure telah menjalin kerjasama dengan perusahaan kelas dunia. Selain membuktikan bahwa Good Corporate Governance perusahaan berjalan baik, hal ini menjadi strategi perusahaan untuk mengantisipasi proyek-proyek infrastruktur yang tengah dicanangkan pemerintah Jokowi dengan menggandeng mitra kerja yang kompeten dan ahli di bidang pengembangan jalan tol,” jelas Deden.

Kerjasama dengan JEXWAY dan W-NEXCO ini menambah kepercayaan investor dunia terhadap Nusantara Infrastructure. Sebelumnya, Nusantara Infrastructure telah memiliki ikatan kerjasama dengan CapAsia dan Providence Equity Partners.

BERITA REKOMENDASI

Dalam kolaborasi pengelolaan ruas tol Bintaro Serpong Damai (BSD) ini, JEXWAY dan W-NEXCO, bersama-sama akan memiliki total 4,18 persen saham dari seluruh saham yang telah diterbitkan dan disetor penuh dalam BSD. Selanjutnya Nusantara Infrastructure akan mempertahankan kepemilikannya atas total 88,94 persen saham Nusantara Infrastructure melalui MUN di tol BSD.

Tol BSD merupakan penghubung antara daerah Serpong dengan Pondok Aren dengan panjang 7,25 km. Tren volume lalu lintas harian menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Sepanjang tahun 2013, lalu lintas harian rata-rata meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 6,89% atau sebanyak 84.665 kendaraan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas