Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Terus Anjlok, Rupiah Hari Ini Bisa Tembus Rp 13.000 per Dollar AS

Nilai rupiah terhadap dolar AS pada hari ini, masih akan mengalami pelemahan dengan kisaran Rp 13.075

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Terus Anjlok, Rupiah Hari Ini Bisa Tembus Rp 13.000 per Dollar AS
TRIBUNNEWS.COM/ HERUDIN

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini, masih akan mengalami pelemahan dengan kisaran Rp 13.075 sampai Rp 12.960 per dolar AS.

Head of Research NH Korindo Securities Indonesia (NHKSI) Reza Priyambada mengatakan, penguatan rupiah pada hari kemarin hanya bersifat sementara dengan memanfaatkan momentum melemahnya mata uang negeri Paman Sam.

"Meski begitu, kami berharap akan adanya penguatan lanjutan, namun tetap mewaspadai pelemahan lanjutan," kata Reza, Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Reza menjelaskan, laju rupiah kemarin sempat kembali mengalami kenaikan meski tipis pasca mengalami pelemahan di awal. Tampaknya penguatan dolar AS dalam beberapa hari terakhir dimanfaatkan pelaku pasar untuk profit taking atau aksi ambil untung.

"Apalagi dengan adanya rilis negatif dari construction spending dan ISM manufacturing PMI yang mengalami penurunan sehingga berimbas pada melemahnya dolar AS dan rupiah pun dapat memanfaatkan kondisi tersebut sebagai berkah untuk menguat," tuturnya.

Tercatat, kurs tengah Bank Indonesia pada hari kemarin berhasil menguat ke level Rp 12.962 dari posisi hari sebelumnya Rp 12.993 per dolar AS. Sementara, data Bloomberg pagi ini rupiah di level Rp 12.696 per dolar AS.

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas