Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pelemahan Rupiah Tak Pengaruhi Pasar Modal

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, tidak mempengaruhi pasar modal Indonesia

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pelemahan Rupiah Tak Pengaruhi Pasar Modal
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, tidak mempengaruhi pasar modal Indonesia. Sebab, para investor berinvestasi untuk jangka panjang dan transaksinya pun didominasi rupiah.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Ito Warsito mengatakan, biasanya investor yang berpengaruh terhadap pelemahan rupiah, yaitu investor asing dibandingkan lokal. Namun, hal tersebut tidak membuat investor asing lari dari pasar modal.

"Pelemahan rupiah tidak berpengaruh. Investor asing juga juga enggak peduli dengan pelemahan yang jangka pendek, mereka kan investor jangka panjang," kata Ito, Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Ito menilai, pelemahan rupiah hanya bersifat sementara yang disebabkan current account defisit (CAD) yang tidak stabil. Namun, hal tersebut akan kembali baik ke depannya dan menguatkan rupiah.

Kurs tengah BI kemarin, rupiah sudah berada di level Rp 13.022 atau melemah dari posisi hari sebelumnya Rp 12.963 per dolar AS. Sementara, data Bloomberg siang ini rupiah di angka Rp 12.960per dolar AS.

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas