Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Energy Watch: Banyak Masyarakat Belum Mampu Beli BBM Non Subsidi

Mamit Setiawan menilai banyak rekomendasi terakhir tim reformasi tata kelola migas yang kontradiktif dengan keadaan masyarakat saat ini.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Energy Watch: Banyak Masyarakat Belum Mampu Beli BBM Non Subsidi
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Cikini, Jakarta Pusat, mengisikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium, Jumat (17/4/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan menilai banyak rekomendasi terakhir tim reformasi tata kelola migas yang kontradiktif dengan keadaan masyarakat saat ini. Salah satu rekomendasi kontradiktif dari tim yang diketuai Faisal Basri adalah penghapusan BBM bersubsidi jenis premium.

Menurut Mamit, meski premium saat ini tidak lagi disubsidi oleh pemerintah, tidak semua konsumen menggunakan BBM non subsidi. Mamit menilai masih banyak masyarakat tidak mampu yang masih membutuhkan Premium.

"Masyarakat kita masih belum mampu untuk membeli yang lebih mahal," ujar Mamit, Selasa (19/5/2015).

Mamit juga menilai tim yang hanya bekerja selama enam bulan, juga memiliki kepentingan tersendiri dalam memberikan rekomendasi selama ini.

"Saya kira tim tersebut tidak semuanya baik, karena di antara mereka pasti ada beberapa yang punya kepentingan," ungkap Mamit.

Mamit memberi contoh salah satu anggota tim tersebut, Daniel Purba menjadi Vice President di Integrated Supply Chain (ISC) milik Pertamina. Daniel menjabat ketika tim reformasi tata kelola migas masih memiliki banyak tugas.

Melihat hal tersebut Mamit yakin tim yang kini sudah dibubarkan, tetap memasukkan kepentingan beberapa pihak semata di dalam tatanan pengelolaan migas dalam negeri.

BERITA TERKAIT

"Jelas keputusan yang diambil pasti tidak akan bisa lepas dari kepentingan walaupun dibuat secara kolektif," jelas Mamit.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas