Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Luncurkan Buku Saku UKM Goes Digital, Telkom Gandeng IndoTelko.com

Telkom melalui Divisi Business Services (DBS) terus menggenjot digitalisasi pebisnis kecil dan menengah dengan muluncurkan buku saku UKM

Penulis: Sanusi
zoom-in Luncurkan Buku Saku UKM Goes Digital, Telkom Gandeng IndoTelko.com
ist
Muhammad Awaluddin dan pembaca buku saku UKm Goes Digital 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Telkom melalui Divisi Business Services (DBS) terus menggenjot digitalisasi pebisnis kecil dan menengah dengan muluncurkan buku saku UKM Goes Digital kala menggelar acara Sharing Business dengan 1.000 UKM, Jumat (3/7/2015).

“Buku saku tip praktis bagi pelaku UMKM ini disediakan oleh Telkom Indonesia bekerja sama dengan Portal Teknologi Informasi IndoTelko.com. Materi buku ini sebenarnya berasal dari Rubrik Klinik UKM Goes Digital yang diperuntukkan bagi para pebisnis agar bisa mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi bagi kelancaran usahanya,” kata Direktur Enterprise & Business Telkom Muhammad Awaluddin, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/7/2015).

Dijelaskannya, buku saku ini disediakan dalam format yang simple dengan dukungan contoh kasus bisnis bagi para pelaku UMKM.

“Di buku ini selalu identik dengan tiga jurus ampuh dalam setiap tema untuk menuntaskan masalah. Kami sengaja cetak buku ini bagi yang tidak sempat mengakses portal IndoTelko.com. Kita harapkan ini bisa menjadi referensi untuk menjadi pelaku UKM mandiri,” katanya.

Ditambahkannya, sejauh ini masih relatif sedikit pelaku UKM yang memanfaatkan teknologi untuk pengembangan usahanya. "Di kalangan UKM, tingkat pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi masih sangat rendah. Angkanya hanya berkisar 4%-5%. Kami percaya UKM adalah usaha kreatif mandiri danmodern berbisnis lokal menjangkau global. GoeS Digital adalah keniscayaan,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, Editor in Chief IndoTelko.com Doni Ismanto Darwin mengaku bangga portal yang dikelolanya dipercaya oleh Telkom untuk sarana edukasi bagi pelaku UMKM.

“Sebagai startup tentu kami bangga dipercaya Telkom. Ide pembuatan sub kanal Klinik UKM Goes Digital tak bisa dilepaskan dari konsep 3C yakni Content, Community, Connectivity di IndoTelko.com. Sub Kanal yang ditulis oleh Pak Awaluddin ini membuat engangement dengan pembaca terwujud sesuai konsep 3C tadi,” kata Alumnus Universitas Trisakti itu.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas