Tribun Bisnis

Nama-nama Khas Indonesia Ada di Kemasan Personal Coca-Cola

Jangan kaget jika Anda menemukan nama Anda terpampang di kemasan Coca-Cola.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Nama-nama Khas Indonesia Ada di Kemasan Personal Coca-Cola
Tribunnews.com/Daniel Ngantung
Peluncuran Share A Coke di Mal Taman Anggrek, Rabu (12/8/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jangan kaget jika Anda menemukan nama Anda terpampang di kemasan Coca-Cola.

Sejak awal Agustus, kemasan Coca-cola hadir dalam wajah baru. Selain nama produknya, kemasan Coca-Cola juga dihiasi dengan nama-nama khas Indonesia yang cukup populer di Indonesia. Ari, Dian, Yudi, Fajar, Indah, Nurul, adalah beberapa di antaranya.  

Transformasi tersebut merupakan bagian dari "Share A Coke", sebuah aktivasi global yang dilakukan Coca-Cola untuk menebarkan kebahagiaan dan pengalaman unik bagi konsumennya melalui sentuhan personal.

"Sebetulnya ide awalnya simpel. Coca-Cola ingin membuat konsumennya gembira. Kami berpikir, konsumen mungkin akan senang jika menemukan namanya terpampang di kemasan Coca-Cola karena nama terasa personal," ujar Andrew Hallatu, Communication Manager Coca-Cola Indonesia saat peluncuran "Share A Coke" di Mal Taman Anggrek, Rabu (12/8/2015).

"Share A Coke" pertama kali diluncurkan di Australia pada 2011 silam. Mendapatkan respon positif dari konsumen, Coca-Cola lantas menggelar program yang sama di lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia.

Di Tanah Air, "Share A Coke" hadir berbarengan dengan momen perayaan 70 tahun kemerdekaan Indonesia. Berangkat dari momen tersebut, Coca-Cola mempersembahkan 70 nama populer di Indonesia pada kemasannya.

Nama-nama tersebut adalah hasil penyeleksian dari berbagai sampel yang salah satunya berasal dari nama-nama peserta SNMPTN periode 2011-2015.



Semua nama tertera pada Coca-Cola kemasan kaleng 250 mililiter dan botol 450 militer. Untuk kemasan botol PET 1 liter dan 1,5 liter akan dihiasi kombinasi kata-kata sebagai identitas grup, contohnya "Anak Bola" atau "Bikers".

"Untuk harga, tetap sama. Tidak ada perubahan," ujar Suryanto Gunawan, Marketing Manager Coca-Cola Indonesia.

Nama Anda tidak tertera? Suryanto memastikan, 70 nama tersebut baru awalan. Untuk selanjutnya, Coca-Cola akan melansir produk dengan nama yang lebih beragam lagi.

"Konsumen juga bisa menyambangi acara-acara on-ground activation Coca-Cola di mana tersedia booth untuk mencetak nama mereka pada kemasan," kata Suryanto.

Jika belum sempat juga, konsumen dapat mengunjungi situs Coca-Cola Indonesia untuk menorehkan namanya pada kemasan virtual. Fitur ini akan tersedia mulai September mendatang.

Supaya aktivasi ini kian tergaungkan, Coca-Cola memanfaatkan berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Line. Melalui media tersebut, konsumen juga bisa mencari nama mereka atau orang terdekat yang tertera pada kemasan Coca-Cola.

Suryanto tidak memungkiri adanya harapan untuk meningkatkan penjualan produk Coca-Cola Indonesia. Namun, ia enggan merinci target peningkatan penjualan tersebut. (Daniel Ngantung)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas