Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Harga Emas Dunia Mulai Naik

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada perdagangan Senin

Editor: Sanusi
zoom-in Harga Emas Dunia Mulai Naik
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, CHICAGO - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada perdagangan Senin (17/8/2015) waktu setempat (Selasa pagi WIB), setelah data ekonomi AS tampak lebih lemah.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 5,7 dollar AS, atau 0,51 persen, menjadi 1.118,40 dollar AS per ounce.

Emas mendapat dukungan karena laporan yang dirilis oleh The Fed Cabang New York menunjukkan pelemahan yang tak terduga di sektor manufaktur negara bagian New York, juga dikenal sebagai sektor Empire State.

Indeks Empire State jatuh ke negatif 14,92 pada Agustus, dibandingkan dengan positif 3,86 pada Juli. Para analis mencatat bahwa ukuran pesanan baru menyebabkan pelemahan, dan mencapai tingkat terendahnya sejak November 2010.

Namun kenaikan emas lebih jauh terhambat oleh dollar AS yang lebih kuat. Indeks dollar AS naik 0,19 menjadi 96,79 dollar AS pada pukul 18.10 GMT.

Indeks dollar adalah indikator mata uang AS ini terhadap sekumpulan mata uang utama dunia. Emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dollar AS naik maka emas turun, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi para investor.

Sementara perak untuk pengiriman September naik 8,5 sen, atau 0,56 persen, ditutup pada 15,298 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober bertambah 6,7 dollar AS, atau 0,67 persen, menjadi 1.000,70 dollar AS per ounce.(Erlangga Djumena)

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas