Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pelambatan Ekonomi, Pabrik Keramik PHK Karyawan

Melambatnya perekonomian nasional yang ditandai dengan melemahnya daya beli konsumen mulai berdampak terhadap industri keramik nasional.

Editor: Sanusi
zoom-in Pelambatan Ekonomi, Pabrik Keramik PHK Karyawan
Tribun Manado/ Finneke Wolajan
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Melambatnya perekonomian nasional yang ditandai dengan melemahnya daya beli konsumen mulai berdampak terhadap industri keramik nasional.

Hendrata Atmoko, Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengatakan, saat ini beberapa perusahaan keramik sudah mulai mengurangi tenaga kerja karena sepinya permintaan pasar.

"Dimulai dari pengurangan shift kerja, keadaan tidak juga membaik, lalu mulai kepada pengurangan tenaga kerja," ujar Hendrata pada KONTAN, Jumat (4/9).

Menurut Hendrata, pengurangan karyawan ini terjadi di beberapa perusahaan besar, seperti Mulia, KIA, Arwana, Asia Victoria, dan lain-lain. "Ada juga pemain yang baru jalan enam bulan, sekarang sudah tutup," ujar Hendrata.

Namun, ia mengaku tidak tahu persis berapa jumlah tenaga kerja yang dirumahkan ataupun yang sekedar terkena pengurangan jam kerja. "Industri ini kan termasuk padat karya juga," ujar Hendrata.

Ia mengatakan, pengurangan tenaga kerja disebabkan banyak perusahaan memangkas produksi. "Saat ini terjadi pelambatan ekonomi yang artinya penurunan permintaan. Sedangkan pasokan keramik tengah menumpuk, alhasil kami harus kurangi produksi pabrik. Karena produksi menurun, artinya tenaga kerja untuk produksi juga menurun," ujar Hendrata.

Selain itu, pengurangan tenaga kerja juga dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi. Pasalnya industri keramik dalam negeri juga mengalami tekanan dari menguatnya nilai tukar dollar. "Harga gas kami beli pakai dollar, sedangkan dollarnya sedang naik. Bahan baku penolong kami juga masih impor, tentu ini membebani," ujar Hendrata.(Benediktus Krisna Yogatama)

BERITA TERKAIT
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas