Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Telkomsel Jabotabek Jabar Cetak Pertumbuhan Dua Digit 4 Kali Berturut-turut

Telkomsel dapat meraih pertumbuhan double digit yang berkelanjutan di tengah-tengah ketatnya kompetisi industri telekomunikasi.

Penulis: Hendra Gunawan
zoom-in Telkomsel Jabotabek Jabar Cetak Pertumbuhan Dua Digit 4 Kali Berturut-turut
Telkomsel
Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi, Vice President ICT Network Management Jabotabek Jabar Juanita Erawati, dan General Manager Legal dan Stakeholder Area Jabotabek Jabar Yossie Hamdeny 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Telkomsel Area II Jabotabek Jabar mencatatkan pendapatan double digit growth mencapai 23%, yang menjadikan wilayah ini selama 4 tahun berturut-turut (Quattrick) mencatatkan pertumbuhan Digit Growth.

Pertumbuhan pendapatan Telkomsel Area Jabotabek Jabar ditopang oleh pertumbuhan digital yang terdiri dari layanan data broadband (35% YoY) dan digital services (72% YoY) serta kontribusi legacy business yaitu voice dan SMS (tumbuh 16% YoY).

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Venusiana Papasi dalam paparannya menyampaikan, Telkomsel dapat meraih pertumbuhan double digit yang berkelanjutan di tengah-tengah ketatnya kompetisi industri telekomunikasi.

Pencapaian ini menjadi hal yang membanggakan mengingat wilayah Jabotabek Jabar merupakan pusat wilayah persaingan semua operator sekaligus etalase dan barometer kualitas layanan bagi pelanggan.

“Seiring dengan arah perusahaan untuk menjadi perusahaan digital berkelas dunia, Telkomsel Area Jabotabek Jabar secara konsisten mengembangkan layanan data dan digital. Hal ini tercermin dari pertumbuhan signifikan di data broadband dan digital services, sekaligus wujud sambutan yang positif dari masyarakat atas layanan kami tersebut,” tambah Venus dalam rilisnya.

Mengingat layanan data dan digital service sebagai new revenue growth engine, Telkomsel Area Jabotabek Jabar telah melakukan beberapa langkah strategis terkait dengan pengembangan jaringan seperti pengimplentasian teknologi 4G/LTE dan menambah jumlah BTS 3G dan 4G di sejumlah wilayah strategis.

“Masyarakat khususnya di ibukota terkenal sebagai pelanggan gadget freak dan technology minded. Untuk itu, kami menghadirkan BTS terbanyak dan tersebar rapat dimana sebagian sudah didukung teknologi terkini 4G/LTE untuk memberikan pengalaman lebih untuk kenyamanan bagi pelanggan dalam berkomunikasi,” papar Venus.

BERITA TERKAIT

Telkomsel Area Jabotabek Jabar telah membangun sekitar 29.000 dengan jumlah BTS 4G/LTE terbanyak yakni 600 BTS. Venusiana menambahkan, “Saat ini Area Jabotabek Jabar sendiri mengkontribusi 25% dari total pelanggan secara nasional, dan lebih dari 50%-nya merupakan pelanggan pengguna layanan data.”

Potensi pertumbuhan penggunaan layanan data dan digital didukung dengan penetrasi telepon pintar (smartphone) di Indonesia yang kian tinggi. “Kami pun berupaya mendorong pengguna 2G untuk beralih ke 3G dengan basis device smartphone,”papar Venus.

Pertumbuhan double digit juga tak terlepas dari level kepuasan pelanggan terhadap layanan Telkomsel. Untuk melayani pelanggan di wilayah Jabotabek Jabar, Telkomsel menyebar 88 GraPARI, dimana 11-nya merupakan GraPARI yang berlokasi di Mall dan 2 GraPARI Buka selama 24 Jam di Jakarta dan Bandung.

”Gaya hidup mobile yang penuh mobilitas perlu didukung kemudahan dan kenyaman akses pelayanan. Untuk itu, kami menyediakan GraPARI yang berlokasi di pusat keramaian seperti Mall atau pusat perbelanjaan dan buka lebih lama sesuai jam operasional Mall bahkan 24 Jam,” tambah Venus.

“Pertumbuhan double digit sejak tahun 2012 menjadi pencapaian yang menggembirakan untuk Area Jabotabek Jabar, namun tidak membuat kami tidak berpuas diri. Hal ini menjadi tantangan untuk kami untuk terus mempertahankan dan meningkatkan produk dan layanan, khususnya dalam penetrasi layanan data, di mana secara jelas Telkomsel telah berkomitmen menghadirkan True Broadband Experience bagi pelanggan,” tutup Venus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas