Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Good Day dari Udayana Juara Kompetisi Riset Marketing Nasional 2015

“Sebagai bagian dari kompetisi, para peserta juga berkesempatan untuk belajar langsung dari ahli-ahli pemasaran di MPM Group yang telah berpengalaman

zoom-in Good Day dari Udayana  Juara Kompetisi Riset Marketing Nasional 2015
Surya/M Taufik
Presiden Direktur MPM Suwito 

TRIBUNNNEWS.COM, SURABAYA  - Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti kompetisi "National Marketing Research Competition" (NMRC) yang diselenggarakan oleh perusahaan otomotif PT Mitra Pinasthika Mustika.

Direktur SDM MPMX, Titien Supeno di Sidoarjo, terdapat 30 tim dari 14 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi marketing ini.

"Kami sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini supaya bisa mencari ide-ide baru dari para mahasiswa ini," katanya di sela-sela penjurian kegiatan di Kantor MPM Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur.

Titin menambahkan, dukungan dari kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mengembangkan bisnis melalui inovasi, terutama di bidang pemasaran.

Kegiatan itu hasil kerjasama dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) ini diikuti oleh 30 tim dari 14 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami meyakini industri konsumer otomotif akan menjadi sektor yang terus berkembang dan memberikan kontribusi berkelanjutan serta menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia dalam jangka panjang. Untuk mengembangkan industri ini, salah satu elemen terpenting adalah pemasaran. Kami percaya bahwa NMRC 2015 dapat membantu mengembangkan ahli-ahli pemasaran masa depan Indonesia,” ujar Titien Supeno, Direktur SDM MPMX, di Surabaya, Kamis (5/11).

Dalam NMRC 2015, tim Good Day dari Universitas Udayana keluar menjadi juara pertama, berkat hasil riset pemasaran yang berjudul ‘Honda Loyalty Program Sebagai Upaya Penumbuhan Loyalitas Pengguna Pemula Brand Honda di Kota Denpasar’.

BERITA TERKAIT

“Ini adalah angin segar untuk dunia pemasaran di Indonesia. Anak-anak muda kita dapat melahirkan ide-ide brilian berdasarkan hasil riset terpercaya. Semoga hasil riset ini juga dapat membantu pengembangan berbagai industri di Tanah Air, terutama industri konsumer otomotif,” sambung Titien.

Sementara Presiden Direktur MPM, Suwito juga mengapresiasi kegiatan ini.

“Sebagai bagian dari kompetisi, para peserta juga berkesempatan untuk belajar langsung dari ahli-ahli pemasaran di MPM Group yang telah berpengalaman menghadapi berbagai tantangan pemasaran. Salah satunya, melalui kunjungan ke fasilitas pusat distribusi dan pelatihan perusahaan,” tutur Suwito.

Ketua Program Studi Teknik UAJY, V. Ariyono, S.T., M.T. mengatakan tahun ini merupakan tahun ke-3 penyelenggaraan NMRC dan kedua kalinya bagi MPM Group dalam memberi dukungan.

“Dukungan MPM Group dan MPMulia untuk NMRC berperan penting dalam membantu meningkatkan kualitas kompetisi melalui studi kasus yang diberikan. Kami berharap para peserta bisa belajar banyak dari rangkaian kompetisi,” ujar Ariyono.

Tahun ini, NMRC mengusung tema Unbounded, yang mewakili kombinasi seni (art) dan ilmu pengetahuan (science) dalam sebuah riset.

Science dibutuhkan untuk melakukan riset pemasaran yang dapat dipertanggungjawabkan, sedangkan art dibutuhkan dalam interpretasi riset untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat.

NMRC tahun ini diikuti oleh 30 tim dari 14 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan setelah melalui berbagai tahap eliminasi, akhirnya terpilih 17 tim untuk mengikuti babak semifinal di Surabaya sekaligus serangkaian program pembelajaran, sebelum akhirnya ditentukan pemenang kompetisi tahun ini.

Tim juri terdiri dari ahli pemasaran dari MPM Group dan MPMulia, serta sejumlah akademisi dari beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas