Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pembangunan Infrastruktur Perlu Libatkan Semua Pihak

Anggaran pemerintah dalam membiayai proyek infrastruktur sangat terbatas, sehingga membutuhkan partisipasi swasta

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pembangunan Infrastruktur Perlu Libatkan Semua Pihak
Kompas Nasional/PRIYOMBODO

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melihat kesuksesan pengembangan infrastruktur nasional akan berhasil jika dalam pembangunannya melibatkan semua pihak, yaitu swasta.

‎"Kami sambut baik keinginan pemerintah melibatkan swasta dalam pembangunan, cuman sayangnya kadang ada proyek-proyek harus bersaing dengan BUMN," kata CEO Nusantara Infrastruktur Tbk, M Ramdani Basri di Jakarta, kemarin.

‎Menurut Ramdani, anggaran pemerintah dalam membiayai proyek infrastruktur sangat terbatas, sehingga membutuhkan partisipasi swasta untuk menutup jarak atau kekurangan pembiayaan tersebut.

"Swasta yang bisa menutup gap ini. Kami mempunyai 14 jalan tol yang tanpa satu sen pun mendapatkan subsidi dari pemerintah. Kalau saja ada sepuluh perusahaan swasta seperti kami, maka infrastruktur akan terbangun," tuturnya.

Dalam pembangunan infrastruktur, kata Dia, baik dijalankan pemerintah ataupun pihak swasta sebenarnya yang diuntungkan adalah masyarakat, sehingga diperlukan kerjasama solid antar pemerintah dan swasta.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas