Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sarana Multigriya Finansial Terbitkan EBA-SP KPR di Pasar Modal

SMF melakukan pencatatan perdana atas Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) KPR SMF-BTN01 di BEI

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF melakukan pencatatan perdana atas Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) KPR SMF-BTN01 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

EBA-SP ini memiliki nilai sekitar Rp 181,6 miliar dengan suku bunga ‎tetap 8,6 persen per tahun dan dibayarkan setiap tiga bulan.

Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan,listing EBA-SP ini merupakan efek hasil sekuritisasi tagihan KPR Bank BTN, dalam transaksi ini SMF berperan sebagai penerbit sekaligus sebagai penata sekuritisasi, pendukung kredit dan investor.

Sedangkan BTN, kata Raharjo, dalam hal ini berperan sebagai kreditur asal dan sebagai penyedia jasa, dan BRI sebagai wali amanat dan bank kustodian.

"Kehadiran instrumen EBA-SP ‎ini dapat memperkuat pasar keuangan Indonesia dan mendukung pengembangan basis investor domestik," ujar Raharjo, Jakarta, Jumat (4/12/2015).

Menurutnya, investor akan semakin yakin akan efek ini karena penerbitnya adalah perusahaan pelat merah yang dimiliki 100 persen oleh pemerintah.

Adapun ‎hasil sekuritisasi oleh BTN akan digunakan untuk mendanai program satu juta rumah, dimana program tersebut memerlukan dana panjang yang cukup besar.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas