Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Punya Dana Pensiun Sendiri, Perusahaan Besar 'Ogah' Ikut BPJS

Mereka masih gengsi, karena mempunyai DPLK. Tetapi, pada 2016 akan terus dikejar

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Punya Dana Pensiun Sendiri, Perusahaan Besar 'Ogah' Ikut BPJS
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Petugas melayani calon peserta Jaminan Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan di jalan Pemuda, Kota Semarang 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan tahun depan akan mengejar kepersertaan perusahaan-perusahaan untuk mengikuti Program Jaminan Pensiun.

"Dari 2.715 perusahaan mendaftar program jaminan pensiun di Kawil BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, tapi itu bukan perusahaan besar," ujar Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Endro Sucahyono, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Belum ikut sertanya ke program jaminan pensiun, kata Endro, dikarenakan perusahaan besar sudah memiliki Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) sendiri.

"Mereka masih gengsi, karena mempunyai DPLK. Tetapi, pada 2016 akan kami kejar. Kami akan memulai dengan pendekatan edukasi. Tetapi, kalau sudah sampai enam bulan tidak ada tindak lanjutnya, maka kami akan memberi (SP) surat peringatan," tutur Endro.

Menurutnya, jumlah kepesertaan Program Jaminan Pensiun untuk Kanwil DKI Jakarta sejak 1 Juli-November 2015 sebanyak 2.715 perusahaan atau melampaui target tahun ini sebanyak 860 perusahaan.

"Dari perusahaan-perusahaan yang sudah ikut program pensiun, jumlah tenaga kerja berpartisipasi sebanyak 1.895.720 orang atau di atas target 2015 sebanyak 623.479 tenaga kerja," katanya.

BERITA TERKAIT

Hingga November 2015, BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta mencatat ada 43.334 kasus pada jumlah pengajuan jaminan hari tua (JHT) dan ‎jumlah pembayaran hingga sudah mencapai Rp 2,51 triliun atau rata-rata pembayaran per hari sebesar Rp11,43 miliar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas