Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gas Hasil Blok Masela Dinilai Lebih Baik Jika Diolah di Darat

Pendiri Berdikari Center, Sugita, menilai pembangunan prasarana pengolahan LNG dari gas Blok Masela harus dilakukan di darat.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Gas Hasil Blok Masela Dinilai Lebih Baik Jika Diolah di Darat
http://indonesianindustry.com

‎Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pendiri Berdikari Center, Sugita, menilai pembangunan prasarana pengolahan LNG dari gas Blok Masela harus dilakukan di darat.

Hal itu dimaksudkan agar bangsa Indonesia mendapat kemanfaatan yang optimal dari keberadaan ladang gas abadi tersebut.

"Selain gas alam, Blok Masela di lapangan gas abadi juga berkandungan kondesat 24.000 barel per hari.

Kondensat itu hanya menjadi komoditas jika pengolahan gas menjadi LNG dilakukan di tengah laut. Hasil samping dari pengembangan gas di Blok Masela hanya bisa dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia jika prasarana fisik pengembangan gas Blok Masela berada di darat," kata Sugita ‎dalam diskusi bertema 'Gaduh Blok Masela' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (2/1/2016).

Sugita menuturkan, banyak peluang kemanfaatan yang bakal hilang jika pengembangan gas itu dilakukan di laut. Dirinya kembali menekankan agar prasarana fisik pengembangan gas Blok Masela berada di darat.

"Pengembangan gas Blok Masela dengan prasarana di‎ laut, tidak akan bermanfaat bagi hilirisasi industri dan pembangunan wilayah yang dapat dinikmati masyarakat," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI

Masih kata Sugita, banyak kemanfaatan yang bisa diperoleh jika prasarana fisik pengolahan gas berada di darat.

Selain pembangunan dari wilayah perbatasan, pengembangan gas dengan prasarana di darat memungkinkan hilirasi industri yang bisa menyerap tenaga kerja lokal sampai puluhan ribu orang, meningkatkan produktivitas, menambah penghasilan negara dari sisi fiskal dan perpajakan serta mendorong penurunan angka kemiskinan.

"Ringkasnya, pengembangan gas dengan prasarana darat menghasilkan produktivitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hasil yang bisa dicapai jika prasarana pengembangan gas berada di laut," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas