Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Masa Depan Komputasi di Indonesia Cerah

Bahkan Intel menganggap tahun ini sebagai salah satu tahun paling menarik dalam sejarah di Asia

Penulis: Hendra Gunawan
zoom-in Masa Depan Komputasi di Indonesia Cerah
Tribunnews/Istimewa

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Tahun 2016 diprediksi bakal menjadi tahun yang cerah bagi bisnis komputasi di Indonesia. Prediksi ini seiring dengan makin cerahnya bisnis serupa di Asia.

Bahkan Intel menganggap tahun ini sebagai salah satu tahun paling menarik dalam sejarah di Asia dan di seluruh dunia.

Pada 2016 ini, permintaan terhadap komputer yang lebih kecil, yang menawarkan kemampuan baru yang lebih besar bakal meningkat drastis.

Harry K. Nugraha, Country Manager Intel Indonesia menjelaskan bahwa konektivitas dimana-mana menjanjikan manfaat yang sangat pribadi.

Misalnya, teknologi Intel RealSense yang memiliki kemampuan kamera depth-sensing akan tersedia pada perangkat yang lebih banyak, dan ini akan menjadi standar untuk wajah manusia digunakan sebagai password keamanan ganda, dan untuk mesin untuk menanggapi gerakan tangan dan perintah suara.

Kemajuan revolusioner dapat diharapkan dalam wearables, virtual reality, dan biometrics. Perjalanan menuju komputasi Human Senses baru saja dimulai.

Penggunaan perangkat pintar dan robotika melalui teknologi Internet of Things (IoT) diatur untuk memberikan nilai baru untuk individu dan juga untuk seluruh masyarakat.

BERITA TERKAIT

Di Indonesia IoT dapat diimplementasikan dalam beberapa aspek, seperti lokasi mikro, transportasi masyarakat cerdas, respon yang cepat dalam situasi darurat, pembayaran digital, dan juga dapat digunakan untuk mendukung pengembangan kota pintar, yang akan direncanakan di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya.

"Yang penting, ledakan konektivitas juga akan menjadi kekuatan bagi kemakmuran dan pemberdayaan manusia. Di Asia Pasifik dan Jepang, hal ini akan menjembatani perbedaan digital antara penduduk perkotaan dan pedesaan, pria dan wanita, serta kaya dan miskin," ujarnya.

Di pasar negara berkembang seperti Indonesia dan Vietnam, smartphone sudah memberikan jutaan konsumen atas akses terjangkau untuk broadband dan komputasi untuk pertama kalinya.

Sementara itu, pasar yang matang seperti Jepang dan Korea, akan terus muncul inovasi fitur di seluruh faktor bentuk dan perangkat. Roadmap Intel, dikombinasikan dengan kecerdikan ekosistem teknologi di wilayah ini, akan membantu membuat 2016 menjadi tahun yang luar biasa," kata Harry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas