Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Selain Bank, Koperasi Juga Bisa Jadi Penyalur KUR

tahun ini alokasi dana KUR untuk lembaga keuangan non bank (LKNB) sebesar Rp 1,5 triliun

Selain Bank, Koperasi Juga Bisa Jadi Penyalur KUR
Ist
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Untuk mempercepat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) berencana menjadikan koperasi sebagai penyalur KUR.

Deputi Pembiayaan Kemenkop UKM Braman Setyo mengatakan pihaknya akan membuat kelompok kerja untuk melakukan seleksi kepada koperasi yang bisa menyalurkan KUR.

Menurut Braman, tahun ini alokasi dana KUR untuk lembaga keuangan non bank (LKNB) sebesar Rp 1,5 triliun.

“Kami uji coba untuk LKNB, Pak Menteri Koperasi memberikan kesempatan untuk ini, dari deputi pembiayaan, pengawasan dan kelembagaan akan menyeleksi,” kata Braman di acara Sosialisasi Percepatan Penyaluran KUR di Jakarta, Senin (18/1/2016).

Dia menyebutkan, sudah ada koperasi yang mengajukan untuk menjadi penyalur KUR yakni Kospin Jasa. Barman mengharapkan koperasi koperasi besar untuk mendaftarkan diri menjadi penyalur KUR.

Tahun ini secara keseluruhan KUR ditargetkan mencapai Rp100 triliun hingga Rp120 triliun.

Dengan alokasi untuk Bank BRI sebesar Rp66,5 triliun, Bank Mandiri Rp13 triliun, BNI sebesar Rp12,36 triliun, Maybank Rp500 miliar, Bank Sinarmas Rp500 miliar, BPD Kalbar Rp150 miliar, BPD NTT sebesar Rp50 miliar, Bank Umum lainnya Rp3,5 triliun, BPD lainnya Rp1,94 triliun dan lembaga keuangan non bank mencapai Rp1,5 triliun.

Penulis: Sylke Febrina Laucereno
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas