Tribun Bisnis

Antisipasi Serbuan Tenaga Kerja Asing, Ini yang harus Dilakukan Pemerintah Menurut DPR

"Dengan datangnya tenaga asing ke Indonesia, pemerintah harus lebih fokus meningkatkan SDM."

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Choirul Arifin
Antisipasi Serbuan Tenaga Kerja Asing, Ini yang harus Dilakukan Pemerintah Menurut DPR
Tribun Pontianak
FOTO ILUSTRASI - Puluhan WNA asal China diamankan di Markas Polda Kalbar, beberapa waktu lalu, terkait penggunaan tenaga kerja asing tanpa izin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI, Muhammad Iqbal menilai, membanjirnya tenaga kerja asing ke Indonesia seiring dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) harus diantisipasi Pemerintah RI dengan langkag serius.

Pemerintah, kata Iqbal, harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) agar masyarakat Indonesia dapat bersaing dengan para pekerja asing.

"Dengan datangnya tenaga asing ke Indonesia, pemerintah harus lebih fokus meningkatkan SDM," kata Iqbal di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PPP itu meminta Kementerian Ketenagakerjaan dapat meningkatkan kemampuan para tenaga kerja. ‎Hal itu dimaksudkan agar para tenaga kerja Indonesia tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing.

"‎Jika hal itu tidak dilakukan, mungkin suatu saat nanti pekerja kita akan semakin tertinggal dengan pekerja asing," tuturnya.

‎Masih kata Iqbal, pemerintah saat ini belum maksimal dalam mengasah kemampuan sumber daya manusia masyarakat Indonesia. Dikatakannya, kemampuan SDM itu perlu juga jadi perhatian Kementerian Pendidikan.

"Harus ada koordinasi Kementerian Pendidikan dengan Kemen‎terian Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kompetensi. Kalau itu tidak dilakukan kita sulit bersaing," tandasnya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas