Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Makin Banyak Gerai Makanan Berlangganan Gas Bumi PGN

"PGN selalu memantau rutin setiap instalasi pipa gas di tempat kami. Sampai sekarang kami tidak pernah ada masalah dalam penggunaan gas bumi."

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Makin Banyak Gerai Makanan Berlangganan Gas Bumi PGN
TRIBUN JATENG/WAHYU SULISTIYAWAN
Petugas Perusahaan Gas Negara (PGN) mengontrol Pressure Reducing Station (PRS) di Kawasan Indutri Tambakaji, Kota Semarang, Jateng, Senin (16/2/2015).TRIBUN JATENG/WAHYU SULISTIYAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Industri makanan seperti restoran dan rumah makan merupakan salah satu konsumen di sektor industri yang menjadi target pasar PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) memasarkan gas bumi produksinya.

Pengusaha gerai restoran dan rumah makan yang telah menjadi pelanggan gas bumi PGN di wilayah Jakarta antara lain berada di Plaza Festival, Kuningan.

Menurut Manajer Operasional Plaza Festival, Khairul Usman, seperti dikutip Kontan, sejumlah tenant rumah makan, restoran dan cafe di Plaza Festival menggunakan gas bumi untuk memasak.

Menurut Khairul, selama puluhan tahun penggunaan gas bumi, pihaknya tidak pernah mengalami masalah.

"PGN selalu memantau rutin setiap instalasi pipa gas di tempat kami. Sampai sekarang kami tidak pernah ada masalah dalam penggunaan gas bumi," ungkap Khairul.

Khairul menambahkan, penggunaan alat penyalur gas dari PGN yang tersertifikasi, membuat pelanggan merasa tenang dari kekhawatiran.

Menurut Shahid Pervez, pengusaha restoran di Plaza Festival, gas bumi lebih praktis dan efisien untuk kebutuhan memasak aneka menu di restorannya. Karena berlangganan ke PGN, pihaknya tidak perlu repot menyiapkan tempat khusus untuk meletakkan tabung gas.

BERITA REKOMENDASI

"Gas bumi ini lebih praktis. Gas masuk ke kompor melalui pipa. Kami tak perlu siapkan ruangan khusus untuk letakkan tabung gas termasuk tabung cadangan. Gas mengalir terus kapanpun kita masak," ujar Shahid.

"Selain praktis juga ekonomis, memakai gas bumi jauh lebih hemat dibandingkan pakai tabung gas,"imbuhnya.

Kepala Divisi Komunikasi Korporat PGN, Irwan Andri Atmanto mengatakan, pihaknya berkomitmen menyebarluarkan pemanfaatan gas bumi nasional dengan terus memperluas infrastruktur gas bumi.

Saat ini panjang pipa penyaluran gas bumi PGN mencapai lebih dari 6.980 km atau mencapai 76 persen dari pipa gas bumi hilir nasional.

PGN saat ini menyalurkan gas bumi ke lebih dari 1.850 pelanggan komersial, mencakup mal, hotel, rumah makan. "PGN juga menyalurkan gas ke lebih dari 1.529 industri besar dan pembangkit listrik," ungkap Irwan.

Pelanggan gas rumah tangga PGN saat ini mencapai lebih dari 107.690 tersebar di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, hingga Sorong Papua.

Tahun 2015 lalu, PGN menyalurkan gas bumi sebanyak 1.586 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan mampu memberikan penghematan kepada pelanggan PGN sebesar Rp 88,03 triliun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas