Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Awal Pekan, Rupiah Berakhir Melemah ke Level 13.199

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada akhir perdagangan Senin (25/4/2016) berada di zona merah.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Awal Pekan, Rupiah Berakhir Melemah ke Level 13.199
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas memperlihatkan pecahan dolar AS yang akan ditukarkan di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Kawasan Blok M, Jakarta 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada akhir perdagangan Senin (25/4/2016) berada di zona merah.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah melemah tipis 5 poin ke level Rp 13.199 dari posisi penutupan sebelumnya Rp 13.194 per dolar AS.

Sepanjang perdagangan hari ini, rupiah bergerak pada kisaran level Rp 13.193 hingga Rp 13.242 per dolar AS.

Analis PT Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, kuatnya minyak harga minyak tiak berpengaruh signifikan menghadirkan penguatan rupiah, dimana dolar AS menguat menjelang pengumuman hasil pertemuan The Fed.

"Penguatan dolar AS berpeluang bertahan, paling tidak hingga hasil FOMC meeting pada Kamis dini hari pada pekan ini, ruang pelemahan rupiah menjadi cukup terbuka," ujar Rangga.

‎Rangga juga mengatakan, perlahan perharian investor akan beralih ke angka inflasi April 2016 yang akan diumumkan pekan depan dan diperkirakan dapat di bawah 4 persen secara tahun ke tahun, yang disebabkan pemangkasan harga premium dan solar.

"Tekanan pelemahan rupiah juga biasanya lebih intens terjadi pada kuartal kedua 2016, bersamaan dengan pembagian dividen perusahaan yang biasanya juga dibarengi oleh tingginya repatriasi dana asing," tutur Rangga.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas