Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Suntik Rp 4,5 Miliar untuk Program Budidaya Ikan Padi

Kementerian Kelautan dan Perikanan menyiapkan dana Rp 4,5 miliar untuk budidaya ikan padi yang dulu dikenal dengan program mina padi.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Y Gustaman
zoom-in Pemerintah Suntik Rp 4,5 Miliar untuk Program Budidaya Ikan Padi
kkp.go.id
Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Organisasi Pangan Dunia memanen padi sekaligus ikan di atas lahan seluas lima hektare yang diKelola Mina Makmur Group, Sleman, Jawa Tengah, Rabu (16/12/2015). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adiatmaputra Fajar Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan menyiapkan dana Rp 4,5 miliar untuk budidaya ikan padi yang dulu dikenal dengan program mina padi.

Proyek tersebut merupakan penggabungan pembiakan ikan air tawar dan penanaman padi di satu lahan.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto, menjelaskan meski masih proyek percobaan, pemerintah tetap menggarap budidaya ikan padi sangat serius.

"Anggaran Rp 4,5 miliar untuk persiapan lahan karena perlu penggalian lahan, bibit, pakan dan pupuk organiknya," ujar Slamet di gedung BPPT I, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Slamet menilai program ikan padi tak hanya mendorong produksi sawah dan ikan, tetapi juga mampu menjaga kelestarian alam.

"‎Dengan minapadi terintegrasi, kelestarian lingkungan terjaga, tidak menggunakan pupuk‎ anorganik, bahkan akan mengurangi penggunaan pupuk," jelas Slamet.

BERITA TERKAIT

Anggaran Rp 4,5 miliar digunakan untuk penambahan lahan seluas 100 hektare yang menyasar di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas