Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sinergi Tiga BUMN, Bandara Soekarno Hatta Tambah Pembangkit

Pada pelaksanaannya PGN akan memasok kebutuhan gas bumi bagi pembangkit listrik tersebut

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Sinergi Tiga BUMN, Bandara Soekarno Hatta Tambah Pembangkit
Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar
Sinergi Tiga BUMN Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi Memberikan Cinderemata Direktur Utama PGN Hendi Priyo Santoso 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II (AP II), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menandatangani Perjanjian Kerjasama pembangunan pembangkit listrik Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur AP II Budi Karya Sumandi, Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso dan Direktur Utama WIKA, Bintang Perbowo, di kantor Kementerian BUMN di Jakarta.

Presiden Direktur Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi menjelaskan, sinergi tiga BUMN solusi yang tepat mewujudkan pembangunan pembangkit listrik. Apalagi ada pembangunan terminal tiga, dibutuhkan pasokan listrik tambahan di bandara Soekarno Hatta.

“Kami menyambut baik kerjasama dan sinergi ini untuk memenuhi kebutuhan listrik di Bandara Soetta yang terus meningkat," ujar Budi di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Pada pelaksanaannya PGN akan memasok kebutuhan gas bumi bagi pembangkit listrik tersebut. Sementara WIKA, sebagai BUMN konstruksi akan melakukan proses pengadaan jasa konsultan penyusunan feasibilty study dan mengkoordinasikan dengan pihak lainnya.

PT Angkasa Pura II yang merupakan pengelola Bandara Soetta akan menjadi pengguna utama dari produksi listrik yang dihasilkan oleh PLTG tersebut.

"Operasionalisasi pembangkit listrik tenaga gas bumi ini merupakan bagian dari program AP II untuk memperkuat posisi bandara Soetta sebagai pintu gerbang utama Indonesia,” jelas Budi.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan, pembangunan pembangkit listrik di Bandara Soetta merupakan terobosan untuk mendorong pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

Sebagai BUMN gas, PGN terus berusaha dan mengambil inisiatif untuk memperluas penggunaan gas bumi di berbagai sektor ekonomi di Indonesia.

"Sebagai energi yang sumbernya masih sangat besar di Indonesia, gas bumi dapat menjadi bagian dari solusi untuk memenuhi kebutuhan energi nasional, termasuk di Bandara Soetta,” kata Hendi.

Sedangkan Direktur Utama WIKA, Bintang Perbowo menambahkan, melalui sinergi yang melibatkan tiga BUMN proyek pembangunan pembangkit listrik Bandara Soetta dapat berjalan maksimal.

“WIKA akan memberikan dukungan penuh bagi terwujudnya proyek PLTG di bandara Soetta. Sinergi bersama antara WIKA, PGN dan AP II akan semakin memperkuat peran strategis BUMN dalam pembangunan,” tambah Bintang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas