Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Program Sejuta Rumah Perlu Didukung Adanya Bank Tanah‎

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendukung dibentuknya bank tanah guna mempercepat realisasi program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Program Sejuta Rumah Perlu Didukung Adanya Bank Tanah‎
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendukung dibentuknya bank tanah guna mempercepat realisasi program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, pembentukan bank tanah akan mempercepat pemenuhan kebutuhan perumahan bagi masyarakat menengah bawah dan menjadi solusi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur.

‎"Dengan mempercepat program sejuta rumah maka bisa mengurangi backlog perumahan di Indonesia yang mencapai angka 15 juta unit," kata Maryono dalam keterangannya, Senin (16/5/2016).

Sebab itu, Maryono meminta ketika pemerintah mendirikan bank tanah, maka pengadaannya bukan hanya sebatas untuk infrastruktur jalan tetapi juga pembangunan pemukiman atau perumahan untuk rakyat.

"Saya mengusulkan kepada pemerintah melalui Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat) agar bank tanah untuk pemukiman juga diadakan," ucapnya.

Menurut Maryono, tingginya permintaan ketersediaan rumah di berbagai daerah seiring langkah pemerintah dalam menggenjot pembangunan infrastruktur, dimana akhirnya memicu pertumbuhan industri di kawasan tersebut.

BERITA TERKAIT

‎"Di Kabupaten Batang ada permintaan rumah baru sebanyak 3.000 unit, dimana sekarang telah teralisasi sekitar 1.200 unit, sedangkan di wilayah Cirebon, Jawa Barat ada permintaan 6.000 rumah baru," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas