Tribun Bisnis

OJK Pekerjakan 'Intel' untuk Mata-matai Layanan Jasa Keuangan

"Jadi dia (intel) pura-pura beli asuransi, dijelaskan atau tidak secara detail mengenai asuransi dan kami juga ke bank bertanya ke customer service"

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in OJK Pekerjakan 'Intel' untuk Mata-matai Layanan Jasa Keuangan
KOMPAS IMAGES

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan pengecekan standar terhadap pelayanan sektor jasa keuangan dengan menerjunkan 'intel' atau orang khusus yang menyamar sebagai konsumen.

‎Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK Anton Prabowo mengatakan, dalam pelaksanaan pemantauan secara langsung ke lapangan maka OJK bekerjasama dengan pihak ketiga untuk bertanya-tanya ke karyawan jasa keuangan.

"Jadi dia (intel) berpura-pura beli asuransi, dijelaskan atau tidak secara detail mengenai asuransi, dan kami juga ke bank bertanya-tanya ‎ke customer service," ujar Anton, Bogor, Sabtu (4/6/2016).

Sistem kerja intel tersebut sudah ditentukan, misalnya bertanya sesuai daftar pertanyaan yang diberikan OJK dan telah terpasang alat elektronik tersembunyi guna mengetahui percakapan secara detail antara intel dan karyawan jasa keuangan.

"Jadi saya tinggal duduk saja, jauh dari mereka tetapi dapat mendengarkan percakapan mereka apa yang dibicarakannya," ucapnya.

Anton berharap, masyarakat yang ingin membeli produk asuransi ataupun jasa keuangan lainnya agar lebih aktif bertanya kepada agen yang menawarkan, mengenai risiko dan keuntungan.

‎"Konsumen harus lebih kritis dan agen harus menjelaskan secara banyak dan detil," ucapnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas