Tribun Bisnis

BNI Siapkan Rp 3 Triliun Dukung Sinergi Pembiayaan Tol Pemalang-Batang

BNI dan beberapa bank anggota sindikasi akan membiayai sebagian dari total biaya pembangunan yang dibutuhkan sebesar Rp 6,8 triliun

Penulis: Hendra Gunawan
BNI Siapkan Rp 3 Triliun Dukung Sinergi Pembiayaan Tol Pemalang-Batang
TRIBUNNEWS.COM/TDJ/TRIBUNNEWS.COM/TDJ/A Prianggoro
Ruas Jalan Tol Pejagan - Brebes Timur, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Sabtu (11/06/2016), terpantu masih lenggang. Jalan tol itu rencananya akan dioperasikan pada 13 Juni mendatang untuk arus mudik dan balik Lebaran. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menjadi mandated lead arrangers and bookrunner dalam pembiayaan dua ruas jalan tol, yaitu ruas jalan tol Pejagan-Pemalang dan jalan tol Pemalang - Batang, keduanya di Provinsi Jawa Tengah.

Kedua ruas jalan tol tersebut merupakan dua bagian penting dari Jaringan Jalan Trans Jawa (Jakarta - Surabaya) yang termasuk ke dalam daftar Percepatan Proyek Strategis Nasional yang ditargetkan untuk beroperasi secara keseluruhan pada tahun 2018.

Peresmian operasional Jalan Tol Pejagan - Pemalang Seksi 1 dan Seksi 2 telah dilaksanakan oleh Presiden RI Joko Widodo di Gerbang Tol Brebes Timur, Desa Banjaranyar, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (16 Juni 2016). Saat ini, tahap awal pembangunan Tol Pejagan - Pemalang telah dikerjakan Waskita Karya.

BNI dan beberapa bank anggota sindikasi akan membiayai sebagian dari total biaya pembangunan yang dibutuhkan sebesar Rp 6,8 triliun, dimana porsi kredit sindikasinya mencapai Rp 4,5 triliun.

Adapun pembangunan ruas Jalan Tol Pemalang - Batang dimulai dengan Ground Breaking yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Desa Pasekaran, Batang, Jawa Tengah, Jumat (17/6/2016).

Total pembiayaan yang dibutuhkan untuk membangun ruas jalan tol Pemalang - Batang ini mencapai Rp 5,3 triliun, dimana sebesar Rp 3,5 triliun dibiayai dari sindikasi kredit BNI dengan lembaga keuangan lain.

Hadir pada kedua kesempatan tersebut Menteri BUMN Rini Sumarno, dan Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Ruas jalan tol Pejagan - Pemalang disiapkan sepanjang 57,5 km dan ruas jalan tol Pemalang - Batang akan dibangun sepanjang 39,2 km. Kedua ruas jalan tol itu dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road dan PT Pemalang Batang Toll Road.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas