Tribun Bisnis

Lebaran 2016

Waspadai Titik-titik Rawan Longsor Ini di Pulau Sumatera

Kondisi jalan batas Provinsi Jambi-Paninggalan kini rusak berat.

Editor: Choirul Arifin
Waspadai Titik-titik Rawan Longsor Ini di Pulau Sumatera
KOMPAS IMAGES
Jalan lintas Sumatera menuju terminal penyeberangan ferry di Bakauheni, Lampung. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Menyambut mudik Idul Fitri 1437 Hijriah, pemerintah menyiapkan jalur mudik di sejumlah daerah di Indonesia.

Di Sumatera, jalur mudik yang dipersiapkan adalah Jalan Nasional Lintas Barat, Tengah, dan Timur. Dari ketiga jalur tersebut, ada beberapa titik yang perlu diperhatikan serius oleh pemudik.

"Ada beberapa titik rawan longsor Sumatera, antara lain Kabanjahe, Tarutung-Sibolga, Pekanbaru-Kandis, Pekanbaru-Payakumbuh, dan Pekanbaru-Jambi," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Selain itu, kata Basuki, kondisi jalan nasional di Sumatera yang perlu diperhatikan adalah di lintas timur, khususnya di ruas Betung-Jambi.

Kondisi jalan batas Provinsi Jambi-Paninggalan kini rusak berat. Sementara, jalan Peninggalan-Sei Lilin-Betung, kondisinya rusak ringan.

Total panjang jalan nasional Sumatera adalah 7.600 kilometer. Jalan nasional ini terbagi menjadi Lintas Barat sepanjang 2.490 kilometer, Lintas Timur 2.756 kilometer, dan Lintas Tengah 2.420 kilometer.

Lintas Barat meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung. Sedangkan Lintas Tengah meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Adapun Jalan Lintas Timur melintasi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung.

Penulis: Arimbi Ramadhiani

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas