Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Analis Ungkap Kekhawatiran Pasar Modal soal Holding BUMN Energi

Reza Priyambada mengungkapkan kekhawatiran pasar modal pada rencana pemerintah membentuk holding BUMN Energi.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
zoom-in Analis Ungkap Kekhawatiran Pasar Modal soal Holding BUMN Energi
https://bacaanpagi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis Woori Korindo Securities, Reza Priyambada mengungkapkan kekhawatiran pasar modal pada rencana pemerintah membentuk holding BUMN Energi.

Dalam hal ini para pelaku di sektor tersebut tak ingin PT Pertamina (Persero) mengakuisisi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

"Jangan sampai PGN menjadi sapi perah Pertamina dalam ekspansi bisnis usahanya," ujar Reza, Selasa (26/7/2016).

Reza memaparkan saat ini sentimen market atau pelaku pasar tidak suka jika PGN berada dibawah Pertamina. Jika memang ada akuisisi, Reza menilai pasar modal lebih senang posisi PGN di bawah pemerintah langsung.

"Pasar maunya di bawah pemerintah," ungkap Reza.

Reza menjelaskan jika PGN di bawah Pertamina, akan mempengaruhi kinerja keuangan PGN secara total. Apalagi kata Reza, revenue yang dihasilkan dari PGN masih baik saat perlambatan ekonomi dunia terjadi.

"Sebenarnya ditakuti pelaku pasar di tengah laba yang masih berhasil dicatatkan PGN yakni nantinya hanya dijadikan sapi perah saja oleh Pertamina," papar Reza.

BERITA REKOMENDASI

Reza menjelaskan PGN berpotensi mempunyai tugas untuk menutupi utang Pertamina yang besar. Jika hal itu terjadi, Reza mengatakan para pemegang saham mendapat porsi dividen kecil

"Ujung-ujungnya dividen payout ratio juga kecil alhasil pemegang saham di bursa yang memegang PGN pun dividennya berkurang," kata Reza.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas