Tribun Bisnis

Stasiun Pasar Senen Pakai Sistem Check In dan Boarding Pass

Dengan sistem baru ini, penumpang yang telah membeli tiket di channel eksternal dan telah memiliki kode booking

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
Stasiun Pasar Senen Pakai Sistem Check In dan Boarding Pass
Tribunnews.com/ Muhammad Zulfikar
Umi Farika (20), seorang pramugari kereta api dengan ramah layani penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jumat (8/7/2016) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT KAI (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta memberlakukan Check In dan Boarding Pass di Stasiun Pasar Senen. Sistem tersebut sebelumnya sudah diterapkan pada Stasiun Gambir.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Bambang S. Prayitno memaparkan menjelaskan setiap penumpang yang bepergian menggunakan KA dari Stasiun Pasar Senen harus melakukan check-in di Check-In Counter. Saat ini yang telah disediakan sebanyak 16 unit mesin untuk setiap pelanggan.

"Penerapan sistem ini dilakukan PT KAI untuk meningkatkan pelayanan memberikan kemudahan kepada pengguna jasa KA," ujar Bambang di Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Dengan sistem baru ini, penumpang yang telah membeli tiket di channel eksternal dan telah memiliki kode booking.

Selain itu penumpang yang telah mencetak tiket selanjutnya melakukan check in pada mesin check in mandiri yang ada di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Proses check in ini dimulai bisa dilakukan calon penumpang dua belas jam sampai sepuluh menit sebelum jadwal keberangkatan KA.

Check in dilakukan dengan cara mengetikkan kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket atau bisa juga dengan melakukan scan barcode dari tiket pada Mesin Check in Mandiri.

Mesin ini akan mengeluarkan (cetak) boarding pass yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan. Boarding pass inilah yang kemudian harus dibawa penumpang saat pemeriksaan identitas di boarding gate stasiun.

"Sangat mudah dan cepat, mirip dengan proses cetak tiket mandiri di stasiun," ungkap Bambang.

Bambang menjelaskan perbedaan Chek In Mandiri (CIM) dengan Mesin Cetak Mandiri (CTM) pada dasarnya hampir sama proses validasi penumpang di mesin.

Halaman
12
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas