Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Berjanji Perbaiki Data Statistik Pertanian

Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, mengatakan pemerintah akan memperbaiki statistik pertanian.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Pemerintah Berjanji Perbaiki Data Statistik Pertanian
Tribun Timur/Hasim Arfah
Panen padi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, mengatakan pemerintah akan memperbaiki statistik pertanian.

Langkah ini diambil menyusul perdebatan di awal 2016 antara Kementerian Pertanian dan Badan Pusat Statistik tentang data soal hasil panen.

"Menjadi prioritas adalah memperbaiki kualitas statistik pertanian, karena ada dispute beberapa waktu lalu," ujar Bambang dalam penjabaran RAPBN 2017 di Ditjen Pajak, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2016).

Menurut Bambang, data tunggal statistik pertanian sebagai acuan penting untuk menentukan produktifitas pertanian lebih baik. Jangan sampai ada perbedaan data di Kementerian Pertanian dan BPS.

Kepala BPS Suryamin mengatakan pihaknya masih terus menyempurnakan segala sesuatu terkait sistem one data yang menjadi acuan semua lembaga.

"Kita akan melakukan survei luas panen melalui IT (informasi teknologi)," kata Suryamin.

BERITA REKOMENDASI

BPJS dalam waktu dekat akan mendata luas lahan dan pencapaian panen. Terkait panen, kata Suryamin, BPJS akan menyajikan data dasar, data sektoral dan data khusus.

Dalam RAPBN 2017, pemerintah manargetkan produksi 77 juta ton beras, lebih tinggi dari target 2016 yang mencapai 75,13 juta ton.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas