Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PGN Targetkan Bangun Pipa Gas Bumi Hingga 1.685 KM

Untuk memperluas infrastruktur gas nasional PGN menargetkan penambahan pipa gas bumi sepanjang 1.685 km dalam periode 2016-2019.

zoom-in PGN Targetkan Bangun Pipa Gas Bumi Hingga 1.685 KM
tribunnews batam/istimewa
Proses penanaman pipa gas PGN di wilayah Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun Batam Anne Maria.

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai National Gas Company Indonesia, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas infrastruktur gas nasional.

Salah satu caranya, PGN menargetkan dapat menambah panjang pipa gas bumi sepanjang 1.685 kilometer dalam periode 2016-2019.

Nantinya pada 2019 total panjang pipa PGN menjadi 8.656 km.

"Saat ini pipa gas yang kami bangun denga biaya sendiri tanpa mengandalkan APBN mencapai lebih dari 7.100 km," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup dalam rilis yang diterima Tribun Batam, Rabu (24/8/2016).

Heri mengungkapkan, infrastruktur pipa gas bumi yang dibangun sepanjang 1.685 km tersebut diantaranya adalah proyek pipa transmisi open access Duri-Dumai-Medan, pipa transmisi open access di Semarang dan pipa distribusi gas bumi di wilayah eksisting serta daerah baru lainnya.

"PGN juga diberi mandat oleh Pemerintah untuk membangun pipa distribusi Batam (Nagoya) WNTS-Pemping, proyek ini juga dibiayai oleh dana PGN sendiri tanpa mengandalkan APBN," kata Heri.

BERITA REKOMENDASI

Heri menambahkan, selain penambahan infrastruktur gas bumi berupa pipa, PGN juga akan menambah sebanyak 60 SPBG di berbagai daerah, mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Batam, Lampung, Riau, dan Sumatera Utara.

Selain itu PGN juga berencana membangun mini LNG System untuk Indonesia bagian tengah dan timur.

"Dengan penambahan panjang pipa tersebut (pipa sepanjang 8.656 km), dapat meningkatkan kemampuan pemanfaatan gas bumi sebanyak 1.902 juta kaki kubik per hari (MMscfd)," ucap Heri.

Heri menambahkan, dengan pemanfaatan gas bumi sebanyak 1.902 MMscfd pada 2019 tersebut, dapat menciptakan penghematan sebesar Rp 110,9 triliun.

Sepanjang 2015 penyaluran gas bumi PGN sebanyak 1.586 MMscfd, ini memberikan penghematan sekitar Rp 88 triliun ke pelanggan PGN.

Sumber: Tribun Batam
Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas