Tribun Bisnis

Pelindo I Targetkan Dwelling Time di Pelabuhan Belawan Jadi 2,5 Hari

"Untuk target dwelling time di Belawan keseluruhan kami targetkan menjadi 2,5 hari di Oktober 2016. Pada Agustus kemarin tercatat sudah 4,6 hari"

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pelindo I Targetkan Dwelling Time di Pelabuhan Belawan Jadi 2,5 Hari
Tribun Medan/DEDY SINUHAJI
Suasana terminal peti kemas di Pelabuhan BICT Belawan Medan, Sumut, Jumat (15/6/2012). PT Pelindo I Belawan melakukan penambahan alat bongkar muat yakni tiga unit Container Crane (CC) dan lima unit Rubber Tyred Gantry Crane (RTG) baru untuk memenuhi peningkatan pelayanan pertumbuhan bongkar muat peti kemas di pelabuhan Belawan. Tribun Medan/Dedy Sinuhaji 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I menargetkan lama waktu bongkar muat barang atau dwelling time di Pelabuhan Belawan, Medan, di Oktober 2016 ini turun menjadi maksimal hanya 2,5 hari.

Sekretaris Perusahaan Pelindo I Muhammad Eriansyah mengatakan, Pelindo I terus melakukan upaya percepatan dwelling time di Pelabuhan Belawan dengan mempersingkat waktu relokasi barang ataupun memberikan diskon.

"Untuk target dwelling time di Belawan keseluruhan kami targetkan menjadi 2,5 hari di Oktober 2016. Pada Agustus kemarin tercatat sudah 4,6 hari," kata Eriansyah, Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Menurut Eriansyah, ‎pemangkasan waktu yang dilakukan Pelindo I yaitu dengan mempercepat relokasi kontainer yang sudah memiliki surat bukti pengeluaran, dimana setelah melewati 1x24 jam akan dialihkan ke buffer zone atau kawasan penyangga.

"Ini komitmen kami, barang yang sudah clear pada hari kedua direlokasi ke buffer zone," ucap Eriansyah.

Kemudian, langkah selanjutnya dengan memberikan diskon tarif bagi pemilik barang yang mengambil barangnya di luar jam sibuk dengan kisaran potongan dari 3 persen hingga 5 persen.

‎Dengan langkah-langkah tersebut, Eriansyah berharap target pada Oktober 2016 terkait dwelling time menjadi 2,5 hari akan tercapai, namun dirinya berharap upaya ini turut didukung oleh pihak-pihak lain yang berada di Pelabuhan Belawan.

"‎Kalau dibedah Pelindo I itu hanya 0,86 hari (dwelling time), jadi kami berharap semua pihak bersama-sama memangkas alur birokrasi karena di sana (pelabuhan) ada bea cukai, karantina dan instansi lain," paparnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas