Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bank Commonwealth Incar 40.000 Pengusaha SME di Program Literasi Keuangan Via Aplikasi WISE

Prosedur bank yang rumit selama ini dikeluhkan oleh 40 persen nasabah wanita, dibandingkan oleh 28 persen pria.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Bank Commonwealth Incar 40.000 Pengusaha SME di Program Literasi Keuangan Via Aplikasi WISE
ISTIMEWA
Menggandeng Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Bank Commonwealth menggarap program literasi serta akses keuangan ke sekitar 40.000 wanita pengusaha SME di Indonesia melalui aplikasi WISE. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Memanfaatkan momentum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Lombok, Bank Commonwealth mengajak IWAPI berkolaborasi meningkatkan literasi serta akses keuangan ke sekitar 40.000 wanita pengusaha SME di Indonesia.

Untuk kegiatan ini, Commonwealth menawarkan WISE (Woman Investment Series) serta akses keuangan bisnis bagi SME demi bertujuan membantu pengusaha SME wanita di Indonesia agar lebih sadar keuangan, terutama untuk membantu mengembangkan bisnis.

Kolaborasi ini diyakini penting dilakukan karena SME milik wanita diyakini memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Studi menyebutkan, hampir setengah dari keseluruhan SME di Indonesia dimiliki oleh wanita. 

“Kolaborasi Commonwealth Bank dan IWAPI ini bersifat sangat strategis untuk mendorong perkembangan SME milik pengusaha wanita.  Harapannya, kerja sama ini bisa membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia secara keseluruhan," kata Director of Strategy, Digital Solutions and Customer Franchise Commonwealth Bank, Ida S. Simatupang dalam keterangan pers tertulisnya kepada Tribun, Selasa (11/10/2016).

Studi yang sama menyebutkan, prosedur bank yang rumit selama ini dikeluhkan oleh 40 persen nasabah wanita, dibandingkan oleh 28 persen pria. Hal ini menjadi faktor negatif wanita dalam berhubungan dengan bank.

“Kami melihat hal ini sebagai kesempatan bagi Commonwealth Bank untuk memberikan edukasi literasi keuangan dan akses produk dan layanan bagi SME. Kami akan membantu pengusaha SME wanita Indonesia dan menyediakan layanan konsultasi agar mereka mendapatkan pengetahuan dan kemudahan untuk mengakses fasilitas keuangan untuk kemajuan bisnisnya,” ungkap Ida.

Selain melalui tatap muka, para pengusaha SME wanita juga bisa mengakses informasi edukasi literasi keuangan secara gratis dan online melalui aplikasi (WISE).

BERITA TERKAIT

Penyediaan akses secara digital ini sesuai dengan misi Commonwealth Bank untuk menjadi market leader dalam layanan keuangan digital bagi nasabah ritel dan SME.

Menurut Ketua Umum IWAPI Ir. Dyah Anita Prihapsari, MBA berharap, kerja sama dengan Commonwealth Bank tidak hanya membuat anggota IWAPI lebih teredukasi mengenai literasi dan akses keuangan untuk bisnis, tapi juga meningkatkan minat wanita Indonesia untuk berwirausaha.

Selain menyasar wanita pengusaha SME, aplikasi WISE juga dikembangkan oleh Commonwealth Bank untuk membantu ibu rumah tangga dan wanita karir dalam mengatur keuangan keluarga.

Di aplikasi ini, pengguna juga dapat melakukan sejumlah kalkulator dan simulasi terkait pengaturan keuangan dan investasi dan bisa diunduh di Google Playstore dan Appstore.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas