Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pelindo Incar Dana Segar Rp 6 Triliun dari IPO 3 Anak Perusahaan

"Tahun depan akan initial public offering (IPO) anak perusahaan, dana yang diperoleh kami pakai untuk pengembangan pelabuhan," ujar Elvyn

Pelindo Incar Dana Segar Rp 6 Triliun dari IPO 3 Anak Perusahaan
INDONESIA PORT
Aktivitas bongkar-muat kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) Elvyn G Masassya mengungkapkan, pihaknya akan melakukan penawaran saham umum perdana (IPO) dari tiga anak usahanya.

Adapun tiga anak perusahaan itu adalah PT Jasa Armada Indonesia (JAI), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), dan PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP). Rencananya, pelepasan saham anak usaha ini ke publik akan dilakukan secara bertahap pada tahun depan.

Menurut Elvyn perusahaan akan melepas saham salah satu anak perusahaan terlebih dahulu.

"Tahun depan akan initial public offering (IPO) anak perusahaan, dana yang diperoleh kami pakai untuk pengembangan pelabuhan," ujar Elvyn di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Minggu (6/11/2016).

Elvyn menjelaskan, diriny belum dapat memastikan anak usaha mana yang akan dilepas sahamnya terlebih dahulu. Namun, dia menyebutkan anak perusahaannya itu saat ini sedang dalam pembenahan pra-pelepasan saham.

"Sekarang tahap pembenahan perusahaannya. Untuk IPO harus bereskan, tahun depan paling tidak satu IPO," ungkapnya.

Dari pelepasan saham tiga anak usaha perseroan mengincar dana sekitar Rp 4,5 triliun hingga Rp 6 triliun. "Kami perkirakan Rp 4,5 triliun sampai Rp 6 triliun tiga-tiganya," tuturnya.

Dana yang diperoleh dari pelepasan saham tersebut akan digunakan untuk investasi pengembangan pelabuhan seperti di Sorong dan Kijing. Selain itu, untuk meningkatkan tata kelola anak usaha.

Penulis: Pramdia Arhando Julianto

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas