Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PT KAI Kaji Operasionalisasi KA Bandara dari Stasiun Kota

"Memang awalnya diberangkatkan dari Stasiun Manggarai‎, tapi setelah kita pelajari, pemberangkatan juga bisa dilakukan dari Stasiun Kota.

PT KAI Kaji Operasionalisasi KA Bandara dari Stasiun Kota
KOMPAS IMAGES
KRL Commuter Line di Stasiun Kota, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menjadikan Stasiun Jakarta Kota sebagai tempat pemberhentian kereta Bandara Soekarno-Hatta, selain Stasiun Manggarai.

Untuk memastikan rencana tersebut hari ini Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dengan menggunakan KA Wijaya Kusuma telah melakukan inspeksi jalur. Rencananya rute akan dilalui mulai dari Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Batuceper.

"Memang awalnya diberangkatkan dari Stasiun Manggarai‎, tapi setelah kita pelajari, pemberangkatan juga bisa dilakukan dari Stasiun Kota. Ini untuk mengurangi beban kepadatan juga di Maggarai," kata Edi Sukmoro, Senin (7/11/2016).

‎Meski masih dalam tahap studi kelayakan, Edi mengaku apa yang menjadi rencana perusahaan tersebut sudah dikomunikasikan dengan Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan, dan juga Presiden RI Joko Widodo, dan semuanya telah setuju.

Hanya saja, ditambahkan Edi, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan pengembangan di Stasiun Jakarta Kota, seperti parkir kendaraan dan peron khusus kereta bandara.

"Ini nanti menjadi pekerjaan rumah kita, pekerjaan rumah Railink yang nanti akan mengoperasikannya. Tapi kalau di Kota ini kan sudah ada KRL, jadi parkir mobilnya bisa dimana-mana, jadi ke sini naik KRL, lanjut ke Bandara," tambah Edi.

Sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, pengoperasian kereta bandara dari dua stasiun, yaitu Stasiun Manggarai dan stasiun Kota, akan dilakukan Semester 1 2017.

Seperti diketahui, KA ‎Bandara International Soekarno-Hatta ini akan memiliki panjang trek 36,3 km dengan diberangkatkan dari Stasiun Manggarai. Dengan total trek tersebut, setidaknya hanya 12,1 km yang dibangun rel baru, yang dimulai dari Stasiun Batuceper.

Ikuti kami di
Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas