Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

AP II Kerjasama Kementerian Pariwisata Tingkatkan Turis Asing

"AP II juga akan ikut berpartisipasi dalam setiap event internasional dan kegiatan-kegiatan lainnya"

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Choirul Arifin
zoom-in AP II Kerjasama Kementerian Pariwisata Tingkatkan Turis Asing
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wisatawan menikmati panorama bawah laut di Kawasan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (5/11/2016). Wisata bawah laut Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi wisata bagi warga mengisi liburan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAPT Angkasa Pura II (Persero) berkomitmen mengembangkan parisiwata Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan mpningkatkan rute penerbangan internasional serta mempromosikan destinasi wisata lokal di setiap bandara yang dikelola perusahaan.

Salah satu langkah perseroan dalam mengembangkan pariwisata ini adalah melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Kementerian Pariwisata.

"AP II akan berperan aktif dalam meningkatkan frekwensi kunjungan wisman ke Indonesia khususnya melalui bandara yang dikelola perusahaan, antara lain dengan menyediakan program insentif bagi maskapai yang membuka rute baru penerbangan internasional," ujar Chief of Air Traffic & Tourism Development PT Angkasa Pura II (Persero) Rosita Kurniawati, Minggu (13/11/2016).

Sebagai bagian dari promosi bersama Kementerian Pariwisata, AP II juga akan mencantumkan logo "Wonderful Indonesia". Selain itu Kementerian menampilkan video dan foto di seluruh bandara yang dikelola perusahaan Angkasa Pura II.

"AP II juga akan ikut berpartisipasi dalam setiap event internasional dan kegiatan-kegiatan lainnya,” jelas Rosita Kurniawati.

PT Angkasa Pura II (Persero) juga berkomitmen untuk menyediakan fasilitas dan pelayanan yang baik di setiap bandara.

Hal itu dapat mendatangkan lebih banyak wisman seperti halnya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.

BERITA TERKAIT

Melalui penyesuaian pelayanan yang dilakukan AP II, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh berhasil menjadi nominasi World’s Best Airport for Halal Travellers dalam The Halal Tourism Awards 2016 yang tengah berlangsung saat ini.

Sementara itu dalam aspek operasional, AP II juga akan melakukan penyesuaian di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau dengan memperpanjang jam operasional dari pukul 19.00 WIB menjadi pukul 24.00 WIB seiring dengan rencana Sriwijaya Air dan Citilink membuka penerbangan dari Tiongkok.

Strategi penyesuaian operasional ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pergerakan penumpang di bandara-bandara.

Adapun pada periode Januari – Oktober 2016 jumlah penumpang di seluruh bandara yang dikelola AP II tercatat sekitar 77,66 juta penumpang atau meningkat 12,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 68,96 juta penumpang.

Hingga akhir tahun ini atau sepanjang Januari – Desember 2016 diperkirakan jumlah penumpang dapat mencapai 93,23 juta penumpang atau naik 11 persen dibandingkan dengan Januari – Desember 2015 sebanyak 84,29 juta penumpang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas