Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Kemasan Plastik

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke pabrik kemasan plastik PT Berlina Tbk di Bekasi

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Kemasan Plastik
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke pabrik kemasan plastik PT Berlina Tbk di Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/2/2017).

PT Berlina Tbk adalah industri kemasan plastik tertua di Indonesia yang didirikan sejak tahun 1969. Saat ini, PT Berlina Tbk telah berkembang menjadi produsen utama kemasan plastik rigid, cap, tube, blown film dan sikat gigi dengan fokus utama pada sektor kosmetik, farmasi, makanan dan minuman, home care, oral care, minyak pelumas, dan pestisida.

Menurut Menteri Airlangga, PT Berlina Tbk memiliki kesempatan lebih baik untuk mempercepat ekspansi dari pada perusahaan-perusahaan baru yang bergerak di bidang kemasan plastik. Airlangga juga berharap industri ini dapat dikuasai oleh produsen nasional.

"Industri seperti ini diharapkan sektornya dikuasai oleh produsen nasional," kata Airlangga dalam keterangan yang diterima.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kimia Tekstil dan Aneka Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan industri kemasan plastik ini akan terus berkembang sebab konsumsi perkapitas masih rendah.

"Konsumsi perkapita kita masih rendah. Kurang lebih hanya 10 kg dibandingkan dengan negara singapura 30 kg dan negara maju lainnya 60 kg," Kata Sigit.

Salah satu upaya untuk mengembangkan industri kemasan plastik ini, Sigit juga menyarankan agar perusahaan dapat memanfaatkan plastik bekas yang didaur ulang untuk menjadi produk plastik lainnya.

BERITA TERKAIT

"Oleh karena itu manajemen penanganan sampah plastik oleh masing masing pemerintah daerah harus juga terus digalakkan secara efektif sehingga sampah plastik masih bisa didaur ulang kembali dan tidak membebani lingkungan," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas