Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Genjot Perekonomian, Pemerintah Perlu Fokus Belanja ke Sektor Multiplier Effect

"Jadi orang suruh kerja dapat uang dan pasti dia belanja, beli makanan, maka permintaan makan akan naik," kata Chatib Basri.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Genjot Perekonomian, Pemerintah Perlu Fokus Belanja ke Sektor Multiplier Effect
Foto Richard Susilo
Muhamad Chatib Basri kelahiran Jakarta 22 Agustus 1966 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono‎

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri ‎mengimbau kepada pemerintah untuk lebih meningkatkan belanja ke sektor yang berdampak luas, sebagai upaya memberikan stimulus kepada pengusaha berekspansi.

"Sekarang pengusaha untuk ekspansi lebih rendah, perlu insentif dengan melakukan belanja yang berkualitas ke sektor yang multiplier effect (efek berganda)-nya tinggi," ujar‎ Chatib di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Menurut Chatib, secara sederhana pengusaha akan melakukan investasi di suatu daerah tersebut memiliki imbal hasil yang tinggi, dimana masyarakatnya memiliki kemampuan berbelanja dengan baik yang akhirnya mendorong perekonomian.

"Jadi orang suruh kerja dapat uang dan pasti dia belanja, beli makanan, maka permintaan makan akan naik," kata Chatib Basri.

Selain itu, dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi perlu juga mendorong peningkatan ekspor seiring naiknya harga-harga komoditas yang menjadi andalan Indonesia seperti minyak kepala sawit, batubara dan lainnya.

"‎Sekarang saya lihat tanpa kebijakan Donald Trump (proteksionis), saya lihat ekspor akan naik dan ini bisa bantu kita," ucap Chatib.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas