Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Terpengaruh Isu Reshuffle kabinet Jokowi, Pagi Ini Rupiah Diperdagangkan di Zona Merah

Isu politik di dalam negeri mendominasi dan perkiraan inflasi yang akan terus naik menahan laju rupiah bergerak menguat.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Terpengaruh Isu Reshuffle kabinet Jokowi, Pagi Ini Rupiah Diperdagangkan di Zona Merah
KONTAN
Aktivitas penukaran uang asing di money changer PT Ayu Masagung, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono‎

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan awal pekan ini, Senin (20/2/2017) bergerak di zona merah.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka melemah 17 poin ke level Rp 13.350 dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya Rp 13.333 per dolar AS.

Seiring berjalannya waktu perdagangan, pelemahan rupiah semakin dalam. Sekitar pukul 08.59 WIB berada di level Rp 13.357 per dolar AS.

Isu politik di dalam negeri mendominasi dan perkiraan inflasi yang akan terus naik menahan laju rupiah bergerak menguat.

"Surat Utang Negara masih terus menguat mengikuti sentimen global, tetapi aset lainnya masih enggan untuk menguat tertahan oleh ketidakpastian dari sisi politik, tidak hanya Pilkada tetapi muncul spekulasi reshuffle kabinet," ujar Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta.

Baca: Analis: Waspada, Awal Pekan Rupiah Rawan Terkoreksi

BERITA TERKAIT

‎Menurut Rangga, walaupun Bank Indonesia menyatakan optimistis harga komoditas akan menekan defisit neraca perdagangan lebih rendah dari prediksi awal, namun inflasi diperkirakan naik dampak kenaikan harga listrik dan bumbu makanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas