Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ketemu Luhut, Bupati Mimika Mengadu soal Freeport

Bupati Mimika Eltinus Omaleng menuding PT Freeport Indonesia tidak memiliki perhatian untuk membangun Papua.

Ketemu Luhut, Bupati Mimika Mengadu soal Freeport
Kompas/B Josie Susilo Hardianto
Proses flotasi atau pengapungan mineral tambang, seperti tembaga, emas, dan perak. Proses itu dilakukan untuk memperoleh konsentrat yang terdiri dari tembaga, emas, dan perak. Konsentrat itu kemudian dialirkan ke Pelabuhan Amamapare, dikeringkan, dan kemudian dikirim ke pabrik-pabrik pengecoran. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bupati Mimika Eltinus Omaleng menuding PT Freeport Indonesia tidak memiliki perhatian untuk membangun Papua.

Hal itu dikatakan Eltinus saat bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Eltinus menuturkan, sejumlah hal yang tidak diperhatikan Freeport di tanah Papua yaitu masalah pendidikan, kesehatan, hingga pertanian.

"Masalah pembangunan, sekolah untuk anak-anak Papua, kesehatan pembangunan infrastruktur dan pertanian," ujar Eltinus di Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2017).

Bukan tanpa alasan Eltinus menginginkan demikian. Pasalnya, selama ini Freeport mengeruk sumber daya alam di tanah Papua tapi kontribusi untuk pembangunan infrastukturnya terbilang sedikit.

"Selama ini Freeport tidak pernah bantu pembangunan infrastruktur di Papua. Itu juga keinginan pemerintah pusat dan daerah, mau Freeport harus ikut campur tangan untuk membangun daerah papua," ungkap Eltinus Omaleng.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas