Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Beli Perhiasan Mutiara Bisa Dijadikan Investasi?

Pada intinya, mutiara bisa dijadikan investasi, tetapi tidak sedinamis perkembangan perhiasan emas.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Beli Perhiasan Mutiara Bisa Dijadikan Investasi?
Tribunnews/JEPRIMA
Para model saat berjalan diatas catwalk mengenakan koleksi busana rancangan Ivan Gunawan dan perhiasan dari Passion Jewelry pada acara perkenalan desain perhiasan baru di Summarecon Mall, Tanggerang Selatan, Sabtu (29/10/2016). Pada kesempatan itu Ivan Gunawan memperlihatkan desain kalung, cincin dan anting yang di balut dengan mutiara emas yang dipadupadankan dengan berlian. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Salah satu pertimbangan wanita saat membeli perhiasan adalah sebagai investasi atau simpanan masa depan.

Emas dan berlian adalah pilihan yang paling populer, tetapi bagaimana dengan mutiara?

Nuniek Anurningsih, Pengawas Yayasan Mutiara Laut Indonesia, menjawab pertanyaan ini dalam acara Kilau Mutiara dan Pesona Biota Laut Indonesia di Alun-alun Grand Indonesia Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Dia berkata bahwa perhiasan mutiara belum bisa disamakan dengan emas.

“Industri ini (perhiasan mutiara) masih muda, jadi belum bisa disamakan dengan emas yang bagus untuk investasi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, hal ini pun karena emas sudah menempati posisi nomor satu dan menjadi standar di seluruh dunia

Sama halnya seperti berlian, Nuniek mengakui bahwa mutiara dan berlian cukup mudah untuk ditemukan di pasaran dan dibeli. Namun, menjualnya tidak semudah membelinya.

BERITA TERKAIT

Walaupun demikian, Nuniek tidak menutup kemungkinan bahwa mutiara bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada saat dibeli.

“Jadi kalau dibilang untuk investasi, mutiara yang saya beli 12 tahun yang lalu dengan harga 100 dollar sekarang sudah 1000 dollar,” ucapnya.

Pada intinya, mutiara bisa dijadikan investasi, tetapi tidak sedinamis perkembangan perhiasan emas. Sebab, industri mutiara sendiri di Indonesia masih sangat muda.

(Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja/kompas.com)

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas