Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BI Gandeng KSEI untuk Optimalkan Pengembangan Pasar Obligasi Negara

Bank‎ Indonesia (BI) bekerjasama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dalam hal pengoptimalan pengembangan pasar obligasi negara

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in BI Gandeng KSEI untuk Optimalkan Pengembangan Pasar Obligasi Negara
Seno
BI bekerjasama dengan KSEI Optimalkan penyelenggaraan kliring obligasi negara 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank‎ Indonesia (BI) bekerjasama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dalam hal pengoptimalan pengembangan pasar obligasi negara.

Deputi Gubernur BI, Sugeng mengatakan, kerjasama dapat mendukung rencana pemerintah untuk membuka alternatif perdagangan obligasi negara dalam meningkatkan aktivitas, diversifikasi investor, dan transparansi perdagangan di pasar sekunder.

"Penujukan (KSEI)‎ juga sebagai dukungan rencana implementasi electronic trading platform (ETP) untuk transaksi SBN (surat berharga negara) di luar bursa," tutur Sugeng, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Menurut Sugeng, penyelenggaraan kliring transaksi obligasi negara ritel di luar bursa perlu dilakukan secara seksama, agar mekanisme pembentukan harga yang lebih transparan, serta meningkatkan likuiditas di pasar.

Tercatat, hingga pertengahan Maret 2017, total kepemilikan SBN senilai Rp 1.895,68 triliun, sedangkan total SBN yang ditransaksikan di pasar sekunder selama 2016 senilai Rp 7.527 triliun atau mencapai 400 persen dari outstanding.

"Sehingga perluasan kerjasama penyelenggaraan klring obligasi negara semakin penting," ucap Sugeng.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas