Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sampai Dua Tahun ke Depan, 11.300 Desa Akan Teraliri Listrik

Rasio elektrifikasi nasional pada akhir tahun lalu sudah mencapai 91,16 persen dan sisanya belum terlistriki

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Sampai Dua Tahun ke Depan, 11.300 Desa Akan Teraliri Listrik
LISTRIK INDONESIA
Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM‎, JAKARTA - ‎PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan mengaliri listrik ke11.300 desa hingga 2019, dimana saat ini terdapat 2.510 desa belum mendapatkan aliran listrik.

"Terkait listrik desa, target hingga 2017 yang akan dilistriki sebanyak 11.300 desa," ujar Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati, Jakarta, Rabu (5/4/2017).




Nicke menjelaskan, ‎rasio elektrifikasi nasional pada akhir tahun lalu sudah mencapai 91,16 persen dan sisanya belum terlistriki karena berada di pulau-pulau sulit dijangkau seperti Indonesia bagian Timur.

"‎Jadi ini kita kejar dengan listrik desa, paling banyak berada di area Nusa Tenggara Timur dan pulau-pulau kecil di Sumatera serta juga ada di Maluku, Papua," tutur Nicke.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara PLN Machnizon Masri menambahkan, terdapat 1.200 desa di NTT belum teraliri listrik dan ditargetkan pada tahun ini terdapat 700 desa sudah bisa menikmati listrik.

"Perencanannya sudah kami susun, mengenai lelangnya bulan depan dan perkiraan bulan Juli 2017 mulai bekerja sampai November 2017," tutur Machnizon di tempat yang sama.

BERITA TERKAIT

‎Menurut Machnizon, upaya PLN melistriki desa-desa yaitu dengan membangun beberapa jaringan menengah 20 kv, gardu induk dan transmisi untuk melistriki 700 desa yang ditargetkan pada tahun ini.

"Tahun depan, sisanya 500 desa akan kita selesaikan, sehingga mudah-mudahan akhir 2018 seluruh desa di NTT sudah bisa terlistriki," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas