Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Komisi VI DPR Apresiasi Situs Peduli UKM

Pasalnya, situs yang bernama cawan.co.id menunjukkan elemen masyarakat berani mengambil peran yang harusnya dimainkan pemerintah.

Komisi VI DPR Apresiasi Situs Peduli UKM
Tribunnews.com/Adiatmaputra Fajar
Inas Nasrullah Zubir 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi VI DPR apresiasi kepada situs peduli Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan perempuan, yang diluncurkan di Jakarta Convention Center (JCC).

Pasalnya, situs yang bernama cawan.co.id menunjukkan elemen masyarakat berani mengambil peran yang harusnya dimainkan pemerintah.

“Saya memberi apresiasi kepada Cawan atas inisiatifnya. Saya harapkan, fasilitas online atau dalam jaringan (daring) seperti ini semakin meningkatkan penjualan UKM, tidak hanya kepada pembeli domestik tetapi juga dari luar negeri,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Inas Nasrullah Zubir, Senin (15/5/2017).

Inas juga menyampaikan penghargaan, karena Cawan tidak hanya memfasilitasi penjualan produk yang dihasilkan, namun juga melakukan pendampingan terhadap UKM bersangkutan.

Pendampingan tersebut, menurut Inas, bisa menjamin kualitas produk yang akan dipasarkan.

Inas berharap, Cawan bisa meningkatkan kapasitas, termasuk melalui kerja sama dengan pemerintah.

“Kalau kawan-kawan di Cawan ingin bertemu saya di DPR untuk menyampaikan aspirasi, saya siap. Kalau perlu, saya akan fasilitasi untuk bertemu dengan kementerian terkait,” jelas Inas.

Website yang digagas Cawan Prima Geray tersebut, memang peduli terhadap UKM, terutama yang melibatkan perempuan dalam proses produksi.

Melalui website tersebut, UKM bisa langsung memasarkan produknya yang sehat, bersih, dan ramah lingkungan kepada pembeli.

Melalui fasilitasi semacam itu, rantai distribusi diperpendek, sehingga tidak hanya menguntungkan UKM namun juga pembeli.

Pada tahap awal, produk yang difasilitasi adalah makanan khas Indonesia, seperti rendang, kopi luwak, dendeng, abon kremes, virgin coconut oil (VCO), dan sebagainya.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas