Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sinar Mas dan PBNU Bahas Kemitraan Bidang Sosial dan Ekonomi Kerakyatan

Bulan suci Ramadan jadi momentum terbaik untuk memperkuat ibadah sekaligus mengencangkan ikatan silaturahim dengan sesama.

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Sinar Mas dan PBNU Bahas Kemitraan Bidang Sosial dan Ekonomi Kerakyatan
ISTIMEWA
Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin saat berkunjung ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Kramat Raya, dan diterima oleh Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Bulan suci Ramadan jadi momentum terbaik untuk memperkuat ibadah sekaligus mengencangkan ikatan silaturahim dengan sesama.

"Bagi entitas bisnis seperti kami, silaturahim sedapat mungkin dilakukan dengan seluruh kalangan, melalui beragam cara," ujar Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin saat berkunjung ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Kramat Raya, dan diterima oleh Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj.

Dalam kunjungan itu, Saleh Husin dalam penjelasannya yang diterima tribunnews.com, Kamis (8/6/2017), datang bersama jajaran manajemen Sinar Mas. Kunjungan ke PBNU, kata Saleh, menjadi salah satu prioritas mengingat kedua entitas memiliki latar belakang kemitraan yang cukup beragam.

Selain yang bersifat sosial melalui Bazaar Rakyat dengan menyalurkan minyak goreng kemasan dengan harga murah bagi warga masyarakat, terdapat pula dukungan dalam aktivitas peribadatan berbentuk wakaf mushaf Al Quran.

Tercatat, di pengujung Mei, Sinar Mas mewakafkan 5.000 mushaf kepada PBNU. Sementara dalam pertemuan itu, salah satu bahasannya mengenai pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui kemitraan di sektor ritel berbasis komunitas, yakni RW Mart.

Karena berbasis komunitas, minimarket ini tak memakai skema franchise, dimana keuntungan penjualan akan dikembalikan ke komunitas tadi melalui koperasi yang dibentuk terlebih dulu.

Mempekerjakan warga sekitar, keberadaannya juga dijadikan wahana pendidikan dan pelatihan kewirausahaan.

BERITA TERKAIT

Sinar Mas memberikan dukungan infrastruktur teknologi informasi, manajemen operasi serta distribusi logistic, berikut pelatihan sumber daya manusia.

Pada kesempatan yang sama, Sinar Mas melalui PT Smartfren Telecom Tbk juga menyerahkan dana zakat senilai lebih dari Rp 200 juta, berasal dari pengumpulan otomatis melalui kartu telepon seluler prabayar, KARTU UMMAT, kepada Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah NU (LAZIS NU).

"Kemitraan Sinar Mas dengan PB NU selama ini berbentuk terobosan yang mampu meningkatkan meningkatkan kualitas hidup dan ibadah warga nahdliyin, dan masyarakat luas pada umumnya," papar Saleh Husin.

"Dari sisi kami, bentuknya mengedepankan apa yang selama ini terkait dengan produk dan jasa yang disediakan Sinar Mas,” tutup Saleh Husin.

Sinergi dengan Nahdliyin diantaranya juga melalui penyediaan kartu seluler prabayar oleh PBNU dan PT Smartfren Telecom Tbk bernama Kartu Ummat .

Kartu ini memberikan kemudahan kepada para para penggunanya untuk melakukan hubungan telepon secara gratis ke sesama pemakai Kartu Ummat lainnya.

Para pengguna Kartu Ummat  akan menghasikan zakat 2,5% tanpa mengurangi isi pulsa yang dibeli saat melakukan pengisian pulsa, dimana penyaluran zakat kepada kalangan yang membutuhkannya, dilakukan melalui PBNU.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas