Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Faisal Basri: Daya Beli Masyarakat Merosot, Tapi Ada Optimisme Bakal Naik

Faisal memaparkan konsumsi masyarakat sedikit melambat menjadi di bawah 5 persen atau persisnya 4,93 persen pada kuartal I 2017.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Faisal Basri: Daya Beli Masyarakat Merosot, Tapi Ada Optimisme Bakal Naik
TRIBUNNEWS/ADIATMA FAJAR
Faisal Basri di Forum Diskusi Merdeka Barat 9, Minggu (13/8/2017) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonom Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengatakan tidak ada kejadian luar biasa yang menyebabkan daya beli masyarakat secara keseluruhan tiba-tiba merosot.

Faisal memaparkan konsumsi masyarakat sedikit melambat menjadi di bawah 5 persen atau persisnya 4,93 persen pada kuartal I 2017.

"Jauh dari merosot atau turun sebagaimana banyak diberitakan belakangan ini," ujar Faisal di Jakarta, Sabtu (12/8/2017).

Faisal menjelaskan dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan riil konsumsi masyarakat (private consumption) mencapai rata-rata 5 persen. Bahkan kata Faisal pertumbuhan nominal konsumsi masyarakat pada triwulan I-2017 masih 8,6 persen.

"Jadi, baik secara nominal maupun riil, konsumsi masyarakat masih naik," ungkap Faisal.

Data Produk Domestik Bruto (PDB) yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) 7 Agustus 2017 lalu menyebutkan tidak ada kemerosotan daya beli masyarakat.

Data BPS menyimpulkan, secara keseluruhan konsumsi masyarakat secara riil (sudah memperhitungkan kenaikan harga) naik cukup stabil, di atas sekitar 5 persen.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas