Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Presiden Jokowi: Ada Pergeseran Perdagangan dari Offline ke Online

"Ada perubahan gaya hidup, konsumsi, konsumen di ekonomi digital," ujar Jokowi dalam acara Indonesia Business & Development Expo 2017 di JCC.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Presiden Jokowi: Ada Pergeseran Perdagangan dari Offline ke Online
Biro Pers Setpres
Joko Widodo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -‎ Presiden Joko Widodo melihat perdagangan di dalam negeri telah mengalami pergeseran, seiring terus bertumbuhnya situs belanja daring atau e-commerce.

‎"Ada perubahan gaya hidup, konsumsi, konsumen di ekonomi digital," ujar Jokowi dalam acara Indonesia Business & Development Expo 2017 di JCC, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Menurut‎ Jokowi, pergeseran perdagangan saat ini sudah terjadi, dari dunia offline atau menjual produk melalui toko fisik menuju online, tanpa membuka toko tetapi dapat berdagang (e-commerce).

"Kita sudah hadapi itu, dari pada orang jauh-jauh ke toko atau ke mal, kena macet dijalan, mengantre di kasir, sekarang cuma keluarkan HP buka aplikasi langsung pesan dan bayar dalam aplikasi, barang diantar sampai dirumah," papar Jokowi.

Baca: Pusat Perbelanjaan Bangkrut Terhempas Gelombang E-Commerse?

Selain pergeseran konsumsi, kata Jokowi, Indonesia saat ini juga mengalami pergeseran pola kerja, dimana anak-anak muda banyak bekerja di sektor ekonomi digital yang waktunya fleksibel dan sangat dinamis.

"Perubahan bukan hanya pola konsumsi tapi juga pola kerja, ini akan berubah semuanya dan pola produksi akan ada perubahan, hati-hati pengusaha, ini peluang bukan ancaman," ucap Jokowi.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas