Tribun Bisnis

Pemerintah Siap Buka Program Perhutanan Sosial

Pemerintah segera membuka program perhutanan sosial dengan luas ratusan ribu hektar yang tersebar di 51 lokasi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Pemerintah Siap Buka Program Perhutanan Sosial
seno
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah segera membuka program perhutanan sosial dengan luas ratusan ribu hektar yang tersebar di 51 lokasi berbagai daerah, untuk dapat digunakan masyarakat dalam bercocok tanam.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, perhutanan sosial bukan pemberian lahan kepada masyarakat, tetapi pemberian akses untuk diusahakan per klaster secara kelompok.

"Saya sudah identifikasi, yang sudah benar-benar siap ada sekitar 51 lokasi, hektarnya saya lupa tapi ratusan ribu," ujar Darmin, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Menurut Darmin, dengan pengelolaan secara klaster dapat dimonitor secara baik dan hasil tanamnya akan berkualitas, karena bibitnya nanti dicarikan yang bagus agar nilai jualnya menjadi lebih tinggi.

"Dikelola secara klaster, kalau namanya cabai ya cabai, nanti akan ada pembeli, ada perjanjian yang jelas dengan harga yang menguntungkan," tuturnya.

Pemerintah nantinya akan terus melakukan monitor terhadap perhutanan sosial, karena tanah yang diusahakan kepada masyarakat merupakan lahan negara.

"Mereka akses mengusahakan saja, dengan itu maka KUR (kredit usaha rakyat) akan lebih mudah diberikan," ucap Darmin.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas