Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PGN Targetkan Garap Seluruh Kawasan Industri

Saat ini, kinerja penyaluran gas bumi PGN meningkat sepanjang triwulan III-2017 sebesar 17 persen dibandingkan triwulan II-2017.

PGN Targetkan Garap Seluruh Kawasan Industri
TRIBUN/HO
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan didampingi Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Jobi Triananda Hasjim (kiri) saat mengunjungi pembangunan jaringan gas bumi (jargas) rumah tangga di Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto, Jawa Timur (13/8/2017). PGN memperluas 5.000 sambungan jaringas gas di wilayah Mojokkerto dengan target rampung pada akhir 2017. Kementerian ESDM menugaskan PGN membangun jaringan gas sebanyak 26.000 sambungan yang tersebar di Mojokerto, Bandar Lampung, DKI Jakarta dan Musi Banyuasin. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) berupaya memperluas penggunaan gas bumi ke berbagai daerah. Salah satu targetnya yaitu seluruh kawasan industri di Indonesia.

Misi PGN menyalurkan gas bumi di seluruh kawasan industri ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk menggenjot peningkatan investasi baru yang terintegrasi dalam satu kawasan.

Apalagi, pemanfaatan bahan bakar gas yang terbukti lebih efisien memberi keuntungan bagi pelaku usaha. Dengan demikian, pemanfaatan gas bumi mampu menekan ongkos produksi dan otomatis mendorong daya saing industri nasional.

"Pasokan gas bumi di kawasan industri merupakan upaya untuk merealisasikan program konversi energi ke gas bumi. Pemanfaatan gas bumi yang efisien, ramah lingkungan, dan aman terbukti berhasil mendorong daya saing sektor industri nasional terus meningkat," kata Direktur Komersial PGN Danny Praditya di Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Baca: Kemungkinan Banyak Grup Neraka Cukup Besar di Piala Dunia 2018

Saat ini, kinerja penyaluran gas bumi PGN meningkat sepanjang triwulan III-2017 sebesar 17 persen dibandingkan triwulan II-2017.

"Kenaikan ini dikontribusikan dari peningkatan konsumsi gas, baik yang berasal dari sektor industri maupun dari sektor kelistrikan," katanya.  

PGN memperluas jaringan gas bumi ke Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten. Kawasan yang dikelola oleh PT Modernland Realty Tbk. ini menjadi salah satu pasar yang potensial.

Sekira 30 persen dari total lahan seluas 3.175 hektar telah dikembangkan.

Lebih dari 200 perusahaan baik lokal maupun multinasional berada di kawasan industri tersebut. Jenis industrinya pun beragam, di antaranya perusahaan makanan dan minuman, industri kimia, industri alat berat, dan material bangunan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas